Kesulitan Ekonomi, Seorang Kakek Bunuh Diri

Ditulis 18 Mar 2014 - 17:18 oleh Yit BNC

PURBALINGGA (BanyumasNews.Com) – Diduga akibat menderita penyakit dan kesulitan ekonomi, Hamdani bin Achmad Darja (72) warga Desa Karangcengis, RT 2 RW 5, Kecamatan Bukateja RT  02 RW  05, Kecamatan Bukateja, ditemukan tewas menggantung di rumahnya, Selasa (18/3).

Korban pertama kali ditemukan oleh istrinya, Mutirah  (55) sekitar pukul 10.00. Saat itu, ia baru pulang dari kebun. Setelah ia masuk ke rumah, ia dikagetkan dengan sesosok tubuh yang menggantung di tiang rumah ruang tengah.

“Ternyata suami saya yang menggantung. Saya langsung menjerit dan memanggil tetangga,” katanya saat dimintai keterangan oleh polisi.

Mendengar teriakan tetangganya, Sutikno (32) dan Kuswono (62) lalu masuk ke rumah Hamdani. Keduanya lalu menurunkan tubuh korban. Saat dicek oleh mereka, ternyata Hamdani sudah tidak bernyawa.

Salah satu dari mereka lalu melapor ke polisi. Kepala Polsek Bukateja, Ajun Komisaris Sulasman dan anggotanya beserta Tim Inafis Satuan Reserse dan Kriminal (Satreskrim) Polres Purbalingga dan tim medis dari Puskesmas Bukateja datang ke lokasi kejadian tak berapa lama.

Polisi lalu melakukan penyelidikan terhadap kejadian ini. Para saksi dimintai keterangan. Tim medis melakukan visum terhadap tubuh korban.

Kapolsek Bukateja, AKP Sulasman mengatakan, dari hasil visum tim medis, korban meninggal murni bunuh diri karena kehabisan nafas akibat lehernya terjerat tali. Ciri-ciri yang ditemukan pada tubuh korban juga menunjukkan bahwa korban bunuh diri, seperti dari alat kelaminnya mengeluarkan sperma dan dari duburnya mengeluarkan feses.

“Tidak ada tanda-tanda penganiayaan pada tubuh korban. Hanya ada luka bekas jeratan tali di lehernya,” katanya.

Menurut keterangan saksi, kata Sulasman, diperkirakan korban nekat mengakhiri hidupnya karena sakit menahun dan faktor ekonomi.

“Korban diketahui memiliki penyakit rematik menahun. Korban juga tergolong keluarga kurang mampu. Korban tinggal berdua dengan istrinya,” katanya.

Setelah pemeriksaan dan visum selesai dilakukan, jenazah korban lalu diserahkan ke pihak keluarga dan dimakamkan di pemakaman desa setempat hari itu juga. (BNC)

Tentang Penulis

Leave A Response