PD BPR BKK Purbalingga Bukukan Laba 13 Milyar

Ditulis 16 Mar 2014 - 18:25 oleh Yit BNC
|
Berita Kategori
Tak Berkategori
275
Dalam Tag
Gedung baru BPR BKK Purbalingga di Jalan jenderal Soedirman. Lokasi gedung yang berada di pusat kota diharapkan mempermudah nasabah.

Gedung baru BPR BKK Purbalingga di Jalan jenderal Soedirman. Lokasi gedung yang berada di pusat kota diharapkan mempermudah nasabah.

PURBALINGGA (BanyumasNews.Com)  – Pada tahun 2013 kinerja PD PBR BKK Purbalingga semakin meningkat, hal ini terlihat dari besarnya laba sebesar Rp. 13.005.800.000,- dengan deviden yang diberikan pemerintah daerah sebesar Rp. 5.398.700.000,-.

PD PBR BKK yang telah merger sejak tahun 2006 ini mengalami pertumbuhan asset sebesar 21,86 % atau sebesar 240,345 milyar, dana dari masyarakat sebesar 19,57 % atau 171,199 milyar dan kredit yang diberikan sebanyak 23,14 % atau 204,42 milyar.

Hal tersebut disampaikan Direktur Utama BPR BKK Purbalingga, Supriyono, pada saat peresmian kantor PD BPR BKK Purbalingga di Jalan S.Parman Nomor 5 Purbalingga, Sabtu (16/3).

Menurut Supriyono tujuan pembangunan gedung guna meningkatkan pelayanan dan kepercayaan kepada nasabah kepada BPR BKK Purbalingga. Selain itu juga untuk mendukung pengembangan SDM dan meningkatkan motivasi kerja pegawai.

“Pembangunan gedung menelan biaya sebesar Rp. 3.565.276.000,- yang digunakan untuk, pekerjaan struktur, listrik gedung, interior dan pembelian mebelair.” kata Supriyono.

Kepala Biro Perekonomian Provinsi Jawa tengah, Dadang Sumantri mengatakan dengan dibangunnya gedung baru ini diharapkan pelayanan mejadi lebih baik lagi. Dengan semakin tumbuhnya lembaga ini diharapkan roda perekonomian masyarakat semakin meningkat, terutama UMKM.

“Dengan terbangunnya Gedung BPR yang Baru dapat meningkatkan sinergitas dan lebih banyak memberikan kontribusi yang lebih besar kepada pemda dan dapat membangunmasyarakat Purbalingga pada umumnya” kata Dadang

Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Purwokerto, Farid Faletehan berpendapat OJK sebagai lembaga pengawas perbankkan dan jasa keuangan lainnya akan selalu mengawasi perkembangan BPR BKK Purbalingga. Dilihat dari perkembangannya BPR BKK Purbalingga termasuk salah satu Bank di Eks Karsidenan Banyumas yang tersmasuk sehat dibanding dengan 4 BPR BKK lainnya.

“Hal itu bisa diketahu dari NPL (besarnya tunggakan) 3,3 % di bawah indicator bank sehat sebesar 4,5 %. Dan LDR (dana dari luar yang disalurkan lewat kredit) sebesar 109% , hal tersebut sungguh menggembirakan” kata Farid

Untuk tahun 2014, Farid berpesan kepada bank untuk lebih berhati-hati dan selektif dalam pemberian kredit dengan skala besar sedangkan untuk kredit UMKM tidak ada masalah. Selain itu Farid juga menyarankan untuk membuka cabang di daerah lain, sehingga ekspansinya lebih luas lagi.

“Karena bank adalah sebagian dari prosuk IT maka Bank harus memberbaharui IT-nya, karena kalau tidak maka akan kala bersaing dengan bank-bank lainnya” pesanya lagi.

Sedangkan Bupati Purbalingga, Sukento Rido Marhaendrianto berharap kinerja BPR BKK harus ditigkatkan lebih baik lagi. Target deviden naik sebesar 5 % lebih ditingkatkan lagi menjadi 1,3 kalinya dari tahun yang lalu.

“ Naiknya deviden tentunya akan berdampak pada penerimaan APBD di Purbalingga, sehingga dana tersebut dapat kita gunakan untuk membangun Purbalingga menuju Purbalingga Emas”kata Sukento.

Diakhir sambutannya Sukento mengajak kepada seluruh masyarakat untuk terus meningkatkan transaksinya di BPR BKK dan bagi yang belum untuk segera menggunakan layanannya.

Untuk memeriahkan pembukaan gedung baru juga dilaksanakan jalan sehat yang diikuti sebanyak 10 ribu orang. Juga diadakan pemberian beasiswa kepada siswa berperstasi tahun 2013 sebanyak 5 orang, siswa tidak mampu sebayak 2 orang dan pemberian bantuan kepada yayasan perwira sejahtera. Untuk SD/MI mendapatkan dana sebesar 500 rb, SMP/MTs sebesar 750 ribu dan SMU/SMK sebesar 1 juta.

Peresmian gedung baru ini dibuka dengan ditandatanganinya batu prasasti dan pengguntingan pita yang selanjutnya dilakukan pemerikasaan ruangan per ruangan. Pada peresmian ini juga dihadiri oleh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Purbalingga, Para SKPD baik dari kecamatan atua Kabupaten, juga dihadiri oleh para pimpinan perbangkan di Purbalingga, serta para nasabah BPR BKK. (BNC)

Tentang Penulis

Leave A Response