Pemilu Damai, Partai Harus Legowo

Ditulis 16 Mar 2014 - 18:20 oleh Yit BNC
|
Berita Kategori
Tak Berkategori
109
Dalam Tag
Para pimpinan partai politik di Purbalingga menandatangani kesepakatan untuk mewujudkan pemilu damai pada 9 April 2014 mendatang.

Para pimpinan partai politik di Purbalingga menandatangani kesepakatan untuk mewujudkan pemilu damai pada 9 April 2014 mendatang.

PURBALINGGA (BanyumasNews.Com) – Mengawali masa kampanya legislative 2014 sebanyak 12 partai di Purbalingga teken pakta integritas untuk menjaga pemilu damai. Dengan adanya pakta integritas diharapkan seluruh elemen partai dapat menjaga situasi kondisi Purbalingga agar tetap aman, nyaman dan damai.

Selain pemilu yang damai seluruh calon legislative DOPRD Purbalingga yang memenuhi pendopo Dipokusumo agar legowo dalam menghadapi hasil pemungutan suara nantinya. “Lega lan dawa”, legowo untuk menang dan legowo untuk kalah.

Hal tersebut dikata Bupati Purbalingga, Sukento Rido Marhaendrianto dalam sambutannya pada saat membuka pemilu yang damai. Yang dihadiri oleh semua pimpinan partai politik, para caleg, forum koordinasi pimpinan daerah, Panwas Kabupaten Purbalingga, KPUD Purbalingga dan SKPD terkait, yang bertempat Pendopo Dipokusumo, Sabtu (15/3)

Bupati berharap agar pemilu di Purbalingga agar berjalan aman dan damai apabila ada permasalahan dilapangan segera dilaporkan kepada pihak terkait. Mengatasi permasalahan bukan dengan tindakan anarkis tapi dengan kepala dingin. “ Segala permasalahan ada mekanisme hukumnya, arogansi hanya akan membuat mati demokrasi.” kata Sukento.

“Saya berharap ikatan tali silaturahim dan juga ikatan persaudaraan yang selama ini kita bangun bersama tidak kendor karena berbedaan warna partai, dan saya yakin maksud dan tujuan semua partai yang bertanding disini adalah satu yaitu memajukan dan mensejahterakan masyarakat dalam lingkup persatuan dan kesatuan bangsa negara Republik Indonesia.” katanya.

Sukento juga berpesan kepada semua penyelenggaran pemilu untuk mengedepankan profesionalitas dan netralitas. “Bertindaklah yang cepat dan tepat dalam mengatasi segala persoalan dilapangan. Sekecil apapun persoalan segera laporkan kepada pimpinan instansi terkait, sehingga cegah dan tangkal bisa kita antisapasi sebelumnya.” tambah Sukento.

Kapolres Purbalingga, AKBP I Ketut Suwitra Adnyana mengatakan ikrar damai yang telah dilaksanakan dapat diimplementasikan oleh semua partai politik dan para calegnya. Kapores juga meminta pelaksanaan pemilu di Purbalingga harus lebih kondusif dibanding dengan daerah-daerah yang lain.

“Mari kita berkomitmen untuk melaksanakn pemilu yang kondusif, hilangkan rasa curiga diantara para partai atau para caleg. Karena jumlah petugas keamanan terbatas maka saya meminta untuk seluruh partai atau caleg untuk mengamankan poskonya masing-masing” kata Adnyana.

Kapolres juga berharap pada pelaksanaan kampenya pemilu tidak bertkenaan untuk mengggunakan kendaraan terbuka. Pintarkan saksinya agar tidak ada peluang-peluang pemilu tidak sah, sehingga pemilu dapat berjalan lancar damai dan aman. Untuk itu jalankan aturan yang berlaku sehingga pemilu dapat berjalan jujur dan adil. “Mari kita tutup peluang-peluang yang membuat kerusuhan, jalankan sesuai dengan aturan yang berlaku” katanya.

Sedangkan ketua KPUD, Sri Wahyuni mengatakan rapat umum pemilu legislatif ini akan kita laksanakan 16 maret sampai dengan 5 april 2014 atau selama 21 hari kedepan. Pelaksananan kampanye ini diharapkan seluruh partai politik untuk selalu menjaga situasi dan kondisi keamanan dan ketertiban selama masa kampanye.

“ Saya juga sangat berterimakasih atas semua dukungan dari Pemerintah Kabupaten dan Petugas keamanan yang telah membantu pelaksanaan pemilu tahun 2014” pungkas Yuni. (BNC)

 

 

 

Tentang Penulis

Leave A Response