Liga Inggris: Gol Tunggal Delph Bawa Aston Villa Kalahkan Chelsea

Ditulis 16 Mar 2014 - 10:57 oleh Eko Nurhuda
|
Aston Villa

Para pemain Aston Villa merayakan gol kemenangan yang dicetak Fabian Delph.

LONDON (BanyumasNews.com) – Chelsea mendapat kejutan ketika bertandang ke kandang Aston Villa, Sabtu (15/3) malam WIB. Pemimpin klasemen sementara Liga Inggris ini tergelincir dan kalah tipis 0-1. Tidak itu saja, The Blues tambah menderita ketika dua pemain dan manajernya diusir wasit keluar lapangan.

Sebelum pertandingan Chelsea memimpin klasemen dengan selisih poin sangat nyaman. Dari Liverpool di peringkat dua dan Arsenal di peringkat tiga selisih empat poin, sementara dengan Manchester City di peringkat empat selisih sembilan poin.

Namun Chelsea tak bisa senang dulu dengan selisih poin tersebut. Pasalnya, dari tim-tim zona empat besar hanya The Blues sendiri yang sudah memainkan seluruh pekan tanpa hambatan. Liverpool dan Arsenal masing-masing masih punya satu laga sisa lebih banyak, sedangkan City malah punya ‘tabungan’ empat partai. Artinya, selisih poin tersebut lebih karena lawan bermain lebih sedikit.

Harapan untuk menambah poin terbuka saat Chelsea bertandang ke markas Aston Villa. Secara matematis, rasanya tak banyak yang berani berkata tuan rumah bakal menyulitkan pemimpin klasemen. Maklum saja, Villa kini berada di peringkat 10 klasemen sementara, terpaut sembilan tangga dari Chelsea. Selisih poin keduanya pun sangat lebar: 35.

Nyatanya, Villa kian mengukuhkan dirinya sebagai tim pengganjal raksasa Inggris. Chelsea dibuat mati kutu. Alih-alih membuat banyak peluang, para pemain Chelsea justru lebih banyak membuat protes kepada wasit. Hal serupa diperlihatkan manajer Jose Mourinho di pinggir lapangan yang kerap mendebat keputusan wasit lewat ofisial keempat.

Permainan memang berjalan sangat ketat, juga keras. Chelsea menguasai jalannya pertandingan dengan 62% ball-possession, namun John Terry cs. hanya bisa menembak 2 kali ke arah gawang dari total 15 tendangan. Villa yang tertekan justru bisa membuat 4 shot on goal dari total 12 tembakan.

Kerasnya pertandingan bisa terlihat dari jumlah pelanggaran yang dilakukan kedua kubu. Statistik pertandingan di laman BBC Sport memperlihatkan Villa membuat 14 pelanggaran berbanding 8 milik Chelsea. Tak heran bila wasit Chris Foy sampai harus mengeluarkan 8 kartu kuning yang dibagi rata untuk kedua tim.

Malang bagi Chelsea. Empat kartu kuning yang mereka terima hanya diberikan pada dua pemain, yakni Willian dan Ramires. Itu artinya, kedua pemain mendapat kartu merah karena telah mengoleksi dua kartu kuning. Diusirnya Ramires diikuti protes keras dari Mourinho yang lantas juga diusir dari pinggir lapangan.

Villa memanfaatkan kondisi berantakan lawannya. Menit ke-82, Fabian Delph memanfaatkan umpan silang Marc Albrighton dengan baik. Bola rendah dari Albrighton disambutnya dengan sebuah tendangan tumit keren yang mengecoh Peter Cech. Cukup sebiji gol, dan Chelsea pun kehilangan poin penting.

Aston Villa 1-0 Chelsea (Fabian Delph 82′)

Aston Villa: 1 Guzan, 7 Bacuna, 3 Bennett Booked (Clark – 78′), 15 Westwood, 4 Vlaar, 2 Baker, 8 El Ahmadi, 16 Delph, 20 Benteke, 10 Weimann, 11 Agbonlahor (Albrighton – 75′)

Chelsea: 1 Cech, 2 Ivanovic, 28 Azpilicueta, 21 Matic, 24 Cahill, 26 Terry, 22 Willian (kartu merah), 7 Ramires (kartu merah), 9 Torres (Ba – 67′), 11 Oscar (Schürrle – 67′), 17 Hazard

Tentang Penulis

Eko Nurhuda, kontributor tetap BanyumasNews.com. Berdomisili di Pemalang, Jawa Tengah.

Leave A Response