Lima Kabupaten Gelar Rakor Gunung Slamet

Ditulis 15 Mar 2014 - 21:21 oleh Nanang BNC
RAKOR GUNUNG SLAMET: Lima kabupaten di sekitar Gunung Slamet gelar Rakor di Purwokerto, Sabtu (15/03) (foto:nan)

RAKOR GUNUNG SLAMET: Lima kabupaten di sekitar Gunung Slamet gelar Rakor di Purwokerto, Sabtu (15/03) (foto:nan)

BANYUMAS (BanyumasNews.Com) – Sebanyak 174 ribu lebih jiwa berpotensi merasakan langsung dampak dari bencana Gunung Slamet. terkait dengan hal itu, lima kabupaten yang berada di sekitar Gunung Slamet, menyiapkan rencana kontijensi.

Berdasar laporan dari bpbd lima kabupaten yang berpotensi terdampak, ada sekitar 174.612 jiwa yang berpotensi merasakan langsung dampak dari bencana Gunung Slamet. warga tersebut ada di 34 desa, yang masuk 11 wilayah kecamatan di lima kabupaten yakni, Banyumas, Brebes, Pemalang, Purbalingga, dan Tegal.

“ Berdasar data PVMBG karakter Gunung Slamet berbeda dengan gunung lain. saat status waspada tidak harus ada pengungsian. yang jadi persoalan, adalah penyampaian informasi mengenai titik kumpul, jalur evakuasi, serta pengungsian sementara bagi masyarakat. ” ujar Sarwa Permana, Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Tengah, dalam rapat koordinasi antisipasi, dan penanganan ancaman bencana erupsi Gunung Slamet di Purwokerto, Sabtu (15/3).

Menurut Sarwa, namun untuk instruksi pengungsian masih menunggu informasi dari PVMBG Bandung. Hingga kemarin Gunung Slamet masih waspada. dengan status itu maka, daerah dengan radius 2 kilometer dari puncak slamet, masih harus steril dari manusia. hal itu disebabkan, dalam radius itu, material abu yang muncul akibat aktivitas vulkanik Gunung Slamet berbahaya bagi manusia.

 

Tentang Penulis

Leave A Response