Warga Banjaran Blokade TPA Sampah

PURBALINGGA (BanyumasNews.Com) – Warga Desa Banjaran, Kecamatan Bojongsari, Purbalingga, Sabtu (15/3) pagi memblokade jalan dan menyegel pintu gerbang tempat pembuangan akhir (TPA) sampah di wilayah tersebut. Mereka meminta agar TPA ditutup.

Koordinator aksi, Yunus Riansyah mengatakan warga tetap tegas menuntut pembuangan sampah dihentikan dan penutupan TPA. Sebab selama ini, dari mediasi yang dilakukan tidak mendapatkan solusi yang memuaskan bagi warga.

“Kami menginginkan dihentikannya pencemaran akibat pembuangan sampah sekaligus pemulihan kondisi lingkungan, sedapat mungkin sampai tidak lagi membahayakan dan merugikan kehidupan kami,” katanya.

Sejak TPA ditempatkan di Banjaran, katanya, udara dan air di sekitar lokasi menjadi tercemar. Warga hanya mendapat sampah tanpa diberi kompensasi air bersih secara gratis.

“Hak-hak kami untuk mendapatkan air bersih tanpa menjadi beban tambahan sebagaimana diberikan gratis oleh alam pada saat lalu,” katanya.

Akibat diblokirnya TPA tersebut, truk pengangkut sampah tidak bisa membuang sampah. Truk hanya terparkir di Lapangan Desa Patemon depan Kantor Kecamatan Bojongsari. (BNC)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.