Liga Europa: Empat Tim Amankan Leg Pertama dengan Kemenangan Penting

Ditulis 14 Mar 2014 - 10:55 oleh Eko Nurhuda
|
Berita Kategori
Tak Berkategori
131
Dalam Tag
FC Porto

FC Porto menang tipis 1-0 kala menjamu Napoli di Estadio Do Dragao.

BanyumasNews.com – Delapan partai babak 16 besar leg pertama Europa League digelar serentak pada Jumat (14/3) dini hari WIB. Hasilnya, empat tim sudah boleh dibilang memegang separuh tiket ke babak perempatfinal setelah tampil gemilang dengan mencatatkan kemenangan besar. Keempat klub tersebut adalah Valencia, Lyon, Real Betis, dan Benfica.

Keuntungan terbesar diperoleh Valencia yang menang tiga gol tanpa balas di kandang Ludogorets Razgrad. Meski bertindak sebagai tim tamu, Valencia justru sudah unggul di menit ke-5 melalui tembakan keras Antonio Barragán dari luar kotak penalti.

Ludogorets sebenarnya mempunyai peluang membalas ketika wasit memberi hadiah penalti di menit ke-23. Penalti diberikan setelah Roman Bezjak dilanggar Seydou Keita di dalam kotak penalti. Keita pun mendapat kartu merah. Sayang, tendangan penalti yang dieksekusi Bezjak berhasil diselamatkan kiper Alves Carreira.

Ludogorets malah kembali kebobolan di menit ke-33 melalui Nicolás Cartabia. Di babak kedua tim tuan rumah berusaha mencetak gol, tapi lagi-lagi justru gawang mereka yang kebobolan oleh sundulan Philippe Senderos di menit ke-58. Mungkin karena frustasi, permainan Lodogorets menjurus keras dan kasar. Hasilnya, wasit pun mengusir keluar Juninho Quixadá di menit ke-79 karena berkelahi.

Di London, Benfica mempermalukan tuan rumah Tottenham Hotspur dengan kemenangan 3-1. Klub Portugal tersebut unggul lebih dulu melalui gol Rodrigo (29′) dan Luisao (58′). Meski sempat memperkecil skor lewat tendangan bebas Cristian Eriksen (64′), gol kedua Luisão (83?) membuat peluang Spurs menjadi sulit karena harus unggul minimal tiga gol bersih.

Real Betis juga menjadi tim tamu yang meraih hasil positif di leg pertama. Bertandang ke markas sesama klub La Liga Sevilla, Betis menang 2-0. Gol Baptistao di menit ke-15 dan Sevilla López (77′) tak mampu dibalas tim tuan rumah. Dengan hasil ini Betis bahkan masih bisa lolos ke babak perempatfinal kendati di leg kedua kalah 0-1.

Tuan rumah FC Porto memetik kemenangan ketika menjamu tim Italia Napoli. Klub yang bermarkas di Estadio Do Dragao ini menang tipis 1-0 lewat gol Jackson Martinez di babak kedua. Namun kemenangan ini sama sekali belum mengamankan peluang Porto. Napoli sangat tangguh di kandangnya sendiri. Dengan tuntutan ‘hanya’ menang 2-0, Napoli tak akan kesulitan menyingkirkan Porto.

Satu-satunya tuan rumah yang unggul meyakinkan adalah Lyon. Menjamu Viktoria Plzen, Lyon mengakhiri pertandingan dengan skor 4-1. Tuan rumah sempat tertinggal lebih dulu setelah sundulan Tomas Horava di menit ke-2 menjebol gawang Lopes. Lyon cepat merespon dan membalas empat gol melalui Gueida Fofana (12′, 70′), Alexandre Lacazette (53′), dan Arnold Mvuemba (61′).

Berikut hasil lengkap pertandingan leg pertama babak 16 besar Europa League, Jumat (14/3):
Basel 0 – 0 FC Red Bull Salzburg
FC Porto 1 – 0 Napoli (Martinez 57′)
Ludogorets Razgrad 0 – 3 Valencia CF (Barragán 5′, Nicolás Cartabia 33′, Senderos 58′)
AZ Alkmaar 1 – 0 Anzhi Makhachkala (Jóhannsson 29′ p.)
Juventus 1 – 1 Fiorentina (Vidal – Gomez 11′)
Lyon 4 – 1 Viktoria Plzen (Fofana 12′, 70′, Lacazette 53′, Mvuemba 61′ – Horava 2′)
Sevilla 0 – 2 Real Betis (Baptistao 15′, Sevilla López 77′)
Tottenham 1 – 3 Benfica (Eriksen 64′ – Rodrigo 29′, Luisão 58′, 83′)

Tentang Penulis

Eko Nurhuda, kontributor tetap BanyumasNews.com. Berdomisili di Pemalang, Jawa Tengah.

Leave A Response