SMK Darunnajah Banjarnegara Bikin Film Potensi Unggulan Daerah

Ditulis 13 Mar 2014 - 20:51 oleh Nanang BNC
FILM: Proses produksi dengan alat yang sederhana. Namun mereka tetap bersemangat (foto:ruhito)

FILM: Proses produksi dengan alat yang sederhana. Namun mereka tetap bersemangat (foto:ruhito)

BANJARNEGARA (BanyumasNews.Com) – SMK Darunnajah Banjarmangu,Banjarnegara membuat film dokumenter dan profil beberapa desa yang memiliki potensi unggulan dalam bidang pariwisata, pertanian maupun industri kecil. Selain untuk mengenalkan potensi yang dimiliki Banjarnegara, upaya ini juga sebagai sarana praktek siswa.

Rofik Khadafi Madjil, guru pembimbing mengatakan, kegiatan inimerupakan Praktek Kerja Industri (Prakerin) siswa jurusan Broadcasting. ”Selain belajar membuat film, secara tidak langsung siswa juga belajar mengenal alam, sejarah dan bersosialisasi dengan masyarakat.

Selama 14 hari, siswa berinteraksi langsung dengan masyarakat sekitar lokasi mulai dari perijinan, survei lokasi sampai dengan proses pengambilan gambar yang melibatkan masyarakat,” ungkap dia.

Potensi desa yang sudah didokumenterkan diantaranya Desa Gumelem Wetan, Kecamatan Susukan dan Kemiri, Kecamatan Sigaluh. Di Gumelem wetan siswa mendokumentasikan beberapa peninggalan sejarah seperti makam Demang Gumelem (mantan penguasa pertama Kademangan Gumelem), masjid tua Gumelem yang berusia lebih dari 300 tahun, serta pemandian air panas yang dipercaya bisa menyembuhkan penyakit kulit dan rematik.

Sedang di Desa Karangkemiri, mereka merekam keelokan Curug Pitu, air terjun tujuh tingkat yang cukup terkenal. ”Seperti tahun-tahun sebelumnya, film dokumenter karya siswa ini akan di putar dalam “Parade Layar Tancap”, sebuah event tahunan berupa apresiasi dan pemutaran film,” kata dia.

Kepala SMK Darunnajah, Fauzan Ahmas Mahanani mengatakan, upaya ini diharapkan bisa mendongkrak kunjungan wisatawan ke Banjarnegara.Sebagai sekolah kejuruan, menurut dia, pihaknya menekankan siswa pada praktek atau aplikasi ilmu yang didapat dari pelajaran teori di kelas.

Dicontohkan Fauzan, tahun lalu siswa sekolahnya memproduksi film dokumenter potensi desa Sembawa Kalibening, dengan latar potensi pertanian. Film ini berhasil mendapat apresiasi dari TV Edukasi milik PUSTEKKOM Kemendikbud Jakarta, dan telah tayang tahun lalu secara nasional. Tahun ini SMK Darunnajah menargetkan untuk memproduksi 10 film yang bermuatan edukasi dengan tujuan untuk memperbanyak tontonan yang bersifat edukasi. (Ruhito)

Tentang Penulis

Leave A Response