Pelaku UMKM Difasilitasi Akses Pasar

Ditulis 13 Mar 2014 - 18:46 oleh Yit BNC
|
Berita Kategori
Tak Berkategori
181
Dalam Tag
Peserta pelatihan pelaku usaha mikro kecil dilatih pengolahan gula semut. Gula ini memiliki pangsa pasar yang bagus di luar negeri sebagai pengganti gula pasir.

Peserta pelatihan pelaku usaha mikro kecil dilatih pengolahan gula semut. Gula ini memiliki pangsa pasar yang bagus di luar negeri sebagai pengganti gula pasir.

PURBALINGGA (BanyumasNews.Com)  – Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) binaan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perdesaan mendapat pelatihan  tentang akses pasar, kemitraan dan strategi mengemas produk layak pasar. Kegiatan yang berlangsung di Andrawina Owabong Cottage, Kamis (13/3) diselenggarakan oleh Kelompok Kerja (Pokja) Pengembangan Usaha dan Jejaring (PUJ), Ruang Belajar Masyarakat (RBM) PNPM Mandiri Perdesaan Purbalingga.

Ketua Pokja Pengembangan Usaha dan jejaring RBM, Rukmawan Suci Laswono, SE mengatakan, peserta pelatihan merupakan pelaku industri kecil rumahan (home industry) yang membuat aneka produk makanan maupun  kerajinan. Para pelaku ini  mendapatkan materi tentang kewirausahaan yang merupakan titik awal proses peningkatan kapasitas manjemen dan Sumberdaya Manusia.

“Melalui kegiatan ini diharapkan pelaku usaha mampu membuka pasar dan mengakses pendanaan bagi pelaku usaha. Pelaku usaha juga diberikan peluang usaha yang prospektif untuk dikembangkan dan memiliki pangsa pasar baik. Untuk mencapai tujuan tersebut, kami langsung menghadirkan nara sumber yang juga pelaku usaha dan entrepreneur,” kata Rukmawan.

Rukmawan menambahkan, nara sumber yang dihadirkan yakni DR Restyarto Efiawan, SE, MM  yang saat ini menjabat Direktur Utama PT Mohas Resty Kolaka, Direktur Lekad dan Ketua Koperasi Barlingmascakeb. Selain itu dihadirkan pelaku usaha Supiyo yang telah mampu menembus produk UMKM Purbalingga ke pasaw swalayan Lotermart. (BNC)

Tentang Penulis

Leave A Response