Gunung Slamet Hari Jumat Akan Meletus?

Ditulis 13 Mar 2014 - 14:13 oleh Nanang BNC
Ilustrasi (ane)

Ilustrasi (ane)

BANYUMAS (BanyumasNews.Com) – Kami berharap kepada warga lima kota ,Purbalingga,Banyumas, Tegal, Pemalang dan Brebes untuk bersiap-siap mengungsi. Jangan lupa membawa bekal, karena Gunung Slamet akan segera meletus pada hari Jumat.

Tulisan diatas merupakan salah satu petikan broadcast yang belakangan banyak beredar di masyarakat. Karuan saja broadcast tersebut sangat menyesatkan. Warga panik dan beberapa di antaranya mengungsi.

Sejak status Gunung Slamet dinaikkan dari Normal (level 1) menjadi Waspada (level 2), Senin (10/3) lalu, pesan berantai dari media sosial diterima warga. Sumbernya tidak jelas.

“Kakak saya dan tetangga di Purbalingga bahkan sudah siap mengungsi setelah membaca sms itu ” ujar Evi (48) warga Purwokerto.

Sebagian warga panik. Apalagi broadcast diterima berkali-kali. Beberapa warga mengikuti saran itu, yakni mengungsi.

Menanaggapi hal tersebut Asisten Ekonomi Pembangunan dan Kesra Setda Banyumas, Didi Rudwianto meminta masyarakat untuk tidak terpengaruh dan tetap tenang. Karena berdasarkan pantauan di beberapa wilayah kawasan lereng Gunung Slamet, aktivitas warga masih seperti biasa dan tidak terganggu dengan naiknya status Gunung Slamet.

“Kita jangan terpancing isu tersebut. Kita percaya saja pada informasi petugas yang terus memantau di pos pemantau Gunung Merapi. Kami juga berharap agar tidak ada yang iseng menyebarkan info yang tidak jelas sumbernya,” ujar Didi.

Tentang Penulis

Leave A Response