Liga Champion: Kalahkan Manchester City, Barcelona ke Perempatfinal

Ditulis 13 Mar 2014 - 07:00 oleh Eko Nurhuda
|
Manchester City

Para pemain Manchester City tertunduk lesu usai dikalahkan Barcelona.

BARCELONA (BanyumasNews.com) – Barcelona melanjutkan tren bagusnya di babak knock-out kompetisi antarklub Eropa dengan melaju ke babak perempatfinal setelah mengandaskan perlawanan Manchester City. Bermain di Camp Nou, Kamis (13/3) dini hari WIB, Blaugrana menang tipis 2-1.

Lionel Messi cs. bermain sangat agresif dengan terus-menerus menekan dan menyerang sepanjang pertandingan. Statistik pertandingan menunjukkan tim tuan rumah unggul dalam ball-possession 57% berbanding 43% milik City. Barca juga melepas sebanyak 17 tembakan, dengan 7 di antaranya tepat mengarah ke gawang.

Sayang, kombinasi dari ketatnya lini pertahanan Man. City, buru-burunya para penyerang Barca dalam mengeksekusi peluang, serta ketidak-beruntungan, membuat laga menjadi kering gol. Babak pertama berakhir dengan skor 0-0 setelah berjalan dengan sangat ketat.

Di babak kedua Barca lebih banyak memegang kendali permainan, namun tembok pertahanan City masih terlalu kokoh untuk ditembus. Selain itu, penyerang-penyerang Blaugrana tampak egois dengan berusaha menyelesaikan peluang sendirian ketimbang memberi umpan pada rekan yang berposisi lebih baik.

Salah satu contohnya saat Neymar lebih memilih menembak dari sudut sempit nan jauh di menit ke-38. Padahal saat itu pemain asal Brasil ini sudah sempat memaksa kiper Joe Hart keluar hingga ke tepi kotak penalti sehingga membuat gawangnya kosong melompong. Alih-alih memberi bola kepada rekannya di tengah kotak penalti, Neymar malah menembak sendiri.

Beruntung akhirnya Barcelona berhasil memecah kebuntuan di menit ke-67 berkat gol Lionel Messi. Setelah usaha pertamanya di babak kedua membentur tiang gawang, Messi menyelesaikan peluang ketiganya dengan baik. Sepakannya ke arah pojok kiri bawah gawang tak mampu dijangkau Hart.

Laga sepertinya bakal berakhir 1-0 saja. Namun City membalas di menit ke-89 melalui sepakan jarak dekat Vincent Kompany menyusul sebuah sepak pojok. Tak lama berselang Barce kembali mencetak gol, kali ini melalui kaki Dani Alves.

Pertandingan pun berakhir dengan skor 2-1 untuk kemenangan Barcelona. Agregat keseluruhan menjadi 4-1 dan City pun terdepak dari kompetisi terelite se-Eropa ini.

Barcelona 2-1 Manchester City
(Messi 67′, Alves 90’+2′ – Kompany 89′)

Barcelona: 1 Valdés, 22 Dani Alves, 18 Alba, 16 Busquets, 3 Piqué, 14 Mascherano, 6 Xavi, 4 Fábregas (Sergi – 86′), 10 Messi, 11 Neymar (Sánchez – 80′), 8 Iniesta

Manchester City: 1 Hart, 5 Zabaleta, 13 Kolarov, 25 Fernandinho, 4 Kompany, 6 Lescott, 8 Nasri (Jesús Navas – 74′), 42 Yaya Touré, 16 Agüero (Dzeko – 45′), 21 Silva (Negredo – 72′), 7 Milner

Tentang Penulis

Eko Nurhuda, kontributor tetap BanyumasNews.com. Berdomisili di Pemalang, Jawa Tengah.

Leave A Response