Keren! Inggris dan Jerman Bakal Kembangkan Jaringan Internet 5G

(ilustrasi)
(ilustrasi)
BanyumasNews.com – Di saat sebagian wilayah di Indonesia masih belum ter-cover jaringan internet, dua negara Eropa ini malah sudah berencana mengembangkan jaringan seluler super cepat 5G. Ini artinya, teknologi ini nantinya jauh lebih cepat dari 4G, apalagi 3G yang di Indonesia baru tersedia di kota-kota tertentu.

Rencana pengembangan jaringan seluler 5G itu disampaikan Perdana Menteri Inggris David Cameron dalam pembukaan CeBIT, sebuah pameran teknologi terbesar di dunia, di Hanover. Hadir dalam acara tersebut Kanselir Jerman Angela Merkel. Kedua negara disebut-sebut bekerja sama mengembangkan teknologi 5G.

Dalam pernyataannya Cameron mengatakan inisiatif ini adalah satu dari tiga area yang akan dikembangkan Inggris dan Jerman dalam kerjasama “ide-ide, data, inovasi dan memimpin ide-ide besar berikutnya” yang ia sebut dalam “dunia maju dengan cepat”.

“Ini adalah hadiah yang diinginkan seluruh peneliti di seluruh dunia,” demikian kata Cameron.

Inggris merupakan mitra CeBIT. Negeri Ratu Elizabeth II ini fokus pada tema “databity”: Kemampuan untuk menggunakan sejumlah data besar dengan cepat dan bertanggung jawab. Pengembangan teknologi 5G sendiri merupakan kolaborasi antara Universitas Dresden, King’s College University London, dan University of Surrey.

Seberapa cepat sih 5G itu? Sebagai gambaran, dengan jaringan 5G pengguna dapat mengunduh sebuah DVD hanya dalam hitungan detik. WOW!

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.