Warga Singomerto Gelar Festival Durian Lokal

Ditulis 12 Mar 2014 - 19:57 oleh Nanang BNC
FESTIVAL" Petani di Singomerto juga menggelar festival durian (foto:ruhito)

FESTIVAL” Petani di Singomerto juga menggelar festival durian (foto:ruhito)

BANJARNEGERA (BanyumasNews.Com) – Festival durian tak hanya digelar petani durian di Banyumas, warga Dusun Ndirun, Desa Singomerto, Banjarnegara, Jateng juga menggelar festifal durian lokal. Acara ini gelar mengingat di dusun tersebut banyak varietas durian lokal yang kualitas tidak kalah dengan durian daerah lain. Festival durian lokal ini akan digelar mulai Kamis (13/3) besok.

 ”Kebetulan di Ndirun terdapat ratusan verietas durian lokal yang memunyai rasa tidak kalah dengan durian lain di Banjarnegara pada umumnya. Festival tersebut nantinya juga sekaligus mencanangkan Dukuh Ndirun sebagai sentra durian di Banjarnegara sekaligus mengenalkan
Banjarnegara dari sektor agrowisata,” kata ketua panitia Trisno Winoto.

Dalam festival nanti, pengunjung bisa membeli durian dengan cara lelang, setiap tiga buah durian berkualitas bisa dibeli dengan dilelang. Namun sebelumnya pembeli mencicipi dahulu durian yang akan dibeli sehingga tidak kecewa usai membeli durian tersebut.
”Para pembeli bisa membeli dengan lelang untuk durian lokal berkualitas, durian tersebut nanti akan disediakan panitian di sekitar lokasi acara, hasil lelang durian nantinya akan digunakan untuk kegiatan para petani khususnya pelestarian durian lokal Ndirun di wilayah Dusun Ndirun Desa Singemerta,” katanya.

Jika sukses dan mendapat dukungan dari pihak terkait menurut rencana festival durian akan dilaksanakan setiap musim. Beberapa pohon durian di Dukuh Ndirun ada yang berusia ratusan tahun.
Satu pohon milik almarhum Mertawintana telah berusia 150 tahun. Konon durian milik Mertawinata ini menjadi durian kesukaan mantan bupati Banjarnegara Sumitro Kolopaking. ”Durian tersebut menjadi salah satu durian unggulan di dukuh Ndirun ini. Kami berharap Banjarnegara lebih dikenal daerah lain dari sektor agrowisata,”  katanya.

Bupati Banjarnegara Sutedjo Slamet Utomo menyatakan, sangat mendukung upaya dari para petani lokal di dukuh Ndirun ini. Menurutnya ide kreatif tersebut patut ditiru daerah lain di Banjarnegara yang memunyai potensi agro. Jika semua wilayah memiliki potensi dan menjadi
daerah agrowisata bukan tidak mungkin Banjarnegara memunyai tujuan wisata agro yang tersentra. ”Sebentar lagi kita canangkan dukuh Ndirun sebagai sentra buah durian, saya berharap daerah lain yang memiliki potensi agrowisata bisa menirunya, sehingga Banjarnegara makin dikenal juga sebagai daerah agrowisata,” kata Sutedjo. (Ruhito)
Tentang Penulis

Leave A Response