Panwascam Kaligondang Tertibkan 500 Lebih APK

Ditulis 12 Mar 2014 - 18:07 oleh Yit BNC
|
Berita Kategori
Tak Berkategori
80
Dalam Tag

tertibkan apk.5PURBALINGGA (BanyumasNews.Com  – Panwaslu Kecamatan (Panwascam) Kaligondang bersama Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) ,dan Panitia Pemilhan Kecamatan (PPK) Kaligondang serta Pengawas Pemilu Lapangan (PPL) di setiap desa, Rabu (12/3) melakukan penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) berukuran besar dan kecil yang menyalahi aturan.Ada 500 lebih APK yang kini diamankan di Kantor Panwascam Kaligondang, dan penertiban akan dilanjutkan Kamis (13/3) hingga 18 desa di wilayah kecamatan Kaligondang bersih dari APK yang melanggar aturan. 

Ketua Panwascam Kaligondang Drs. Prasetyo didampingi dua komisioner Panwascam Kaligondang Hariningsih S.Pd.I dan Genat Pambudi AMd mengatakan, penertiban yang dilakukan telah sesuai dengan UU No 15 Tahun 2013 tentang perubahan atas peraturan KPU No 01 Tahun 2013 tentang Pedoman Pelaksanaan Kampanye Pemilihan Umum anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD.

Juga mengacu pada Surat Keputusan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Purbalingga Nomor 48 /Kpts/ KPU-Kab.012.329398/2013  tentang penetapan zona dan tata cara pemasangan alat peraga kampanye Pemilihan Umum Anggota DPR, DPD dan DPRD tahun 2014.Serta berdasarkan  Peraturan Bupati (Perbup) Purbalingga Nomor 28 Tahun 2013 tentang Pengaturan Fasilitas Umum Sebagai Tempat dan Lokasi Kampanye.

“Dasar hukum kami untuk melakukan penertiban kuat, sehingga APK yang melanggar kami tertibkan. Sebanyak  18 desa di wilayah Kecamatan kaligondang menjadi sasaran penertiban APK. Dan mengingat terbatasnya tenaga yang ada, sehingga dilanjutkan hingga hari ini dan besok,” ujar Prasetyo.

Menurut Prasetyo, tidak hanya baliho, spanduk, dan poster  saja yang ditertibkan, namun bendera partai yang ada nama calegnya pun ikut diturunkan.Bahkan petugas Satpol PP , Krisna, Yudi dan Taufik yang dibantu Pengawas Pemilu Lapangan (PPL) harus beberapa kali naik pohon yang cukup tinggi, karena APK dipasang di pohon  yang cukup tinggi, dan susah diturunkan.

Penertiban alat peraga kampanye itu dilakukan dimulai pada pukul 09.00 WIB dengan titik kumpul penertiban di Kantor Panwaslu kecamatan Kaligondang  . ”Penertiban itu sebenarnya sudah di ketahui oleh para caleg, tapi kami menemukan masih banyak pelanggaran alat peraga kampanye di sana-sini,” ujarnya.

Prasetyo mengimbau kepada masyarakat di wilayah Kaligondang,  apabila masih menemukan APK yang menyalahi aturan agar melaporkannya ke Kantor Panwascam Kaligondang di Kantor Kecamatan Kaligondang. Dan APK yang ditertibkan, jika diambil kembali oleh caleg yang bersangkutan, harus menandatangani pernyataan  untuk tidak mengulangi lagi perbuatan memasang APK yang melanggar aturan.

Prasetyo  menegaskan, Panwascam memang tidak ada hak sita. “Yah, silahkan saja para caleg kalau ingin mengambil kembali APK miliknya, tapi dengan syarat, membuat surat pernyatan tidak mengulangi lagi perbuatan memasang APK yang melanggar aturan,” tegasnya.  (BNC)

 

Tentang Penulis

Leave A Response