4 Desa dan 1 Kelurahan Terima PNPM Mandiri Pariwisata

PURBALINGGA (BanyumasNews.Com) – Sebanyak empat desa dan satu kelurahan di Purbalingga menerima Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Pariwisata dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Program ini sebagai salah satu upaya mempercepat penanggulangan kemiskinan melalui pengembangan desa wisata. Besaran dana Bantuan Langsung Masyarakat seluruhnya sebesar Rp 375  juta,  dengan alokasi masing-masing desa Rp 75 juta.

Kepala Bidang Pariwisata pada Dinbudparpora (Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olah Raga) Purbalingga, Ir Prayitno, M.Si mengungkapkan, empat desa penerima PNPM Pariwisata yakni Desa Karangbanjar (Kecamatan Bojongsari), Desa Serang (Karangreja), Desa Limbasari (Bobotsari) dan Desa Panusupan (Kecamatan Rembang). Sedang satu Kelurahan penerima PNPM Pariwisata yakni Kelurahan Purbalingga Wetan. “Saat ini kami masih melakukan persiapan awal dan berkoordinasi dengan masyarakat desa dalam rangka pemetaan potensi desa penerima program,” kata Prayitno, Senin (10/3).

Dikatakan Prayitno, PNPM pariwisata tidak berbeda jauh dalam upaya pemberdayaan masyarakat seperti yang dilakukan pada PNPM Mandiri Perdesaan dan PNPM Mandiri Perkotaan. Hanya saja, PNPM Pariwisata lebih difokuskan pada pemberdayaan usaha pariwisata.

“PNPM Mandiri Pariwisata adalah bagian dari PNPM  Mandiri yang pelaksanaannya melalui pemberdayaan masyarakat, peningkatan kapasitas para pemangku kepentingan dan pemberian bantuan langsung masyarakat dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan pembangunan kepariwisataan di desa wisata, desa di sekitar daya tarik wisata dan desa di sekitar usaha pariwisata,” kata Prayitno yang juga Tim Teknis PNPM Mandiri Pariwisata Kabupaten Purbalingga. (BNC)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.