Piala FA: Hull City dan Sheffield United Lolos ke Semifinal

Ditulis 10 Mar 2014 - 09:26 oleh Eko Nurhuda
|
Hull City

David Merley melakukan selebrasi lucu saat mencetak gol untuk Hull City di Piala FA.

BanyumasNews.com – Tim yang hanya berjarak 5 poin dari zona degradasi di Premier League, plus satu tim Division One alias kompetisi level tiga Inggris sama-sama memastikan diri lolos ke babak semifinal Piala FA. Hull City mengalahkan Sunderland, sedangkan Sheffield United mengandaskan asa Charlton Athletic.

Hull City yang terakhir kali mencapai semifinal Piala FA pada tahun 1930 menang telak 3-0 melawan Sunderland, finalis Piala Liga. Tiga gol Hull diciptakan di babak kedua, hanya dalam rentang waktu 22 menit.

Pertandingan berjalan seimbang, dengan kedua tim berbagi penguasaan bola 50:50. Namun Sunderland yang menyimpan penyerang andalan Fabio Borini tampak kesulitan membongkar pertahanan Hull. Sebaliknya, dimainkannya kiper cadangan Oscar Ustari di bawah mistar membuat gawang The Black Cats dengan mudah diberondong gol.

Gol pertama Hull disumbangkan oleh Curtis Davies di menit ke-68 melalui sundulan kepala memanfaatkan umpan Tom Huddlestone. Tiga menit berselang tendangan kaki kiri David Meyler menggandakan keunggulan The Tigers. Disusul tendangan kaki kanan Matty Fryatt di menit ke-77.

Sunderland tak mampu membalas hingga pertandingan usai. Hasil ini membawa manajer Steve Bruce kembali ke Wembley, tempat di mana ia mengangkat trofi juara Piala FA sebagai pemain pada tahun 1990, 1994 dan 1996. Kesempatan kali ini bakal menjadi yang pertama baginya sebagai manajer.

Di tempat lain, duel dua tim divisi bawah di Inggris antara Sheffield United vs Charlton Athletic memenangkan Sheffield Utd. yang merupakan kontestan Division One. Sheffield Utd. menjadi tim divisi tiga pertama yang lolos ke semifinal Piala FA dalam 13 tahun terakhir. Tim Division One terakhir yang melakukannya adalah Wycombe Wanderers pada tahun 2001.

Dua gol Sheffield United dicetak dalam rentang hanya tiga menit. Gol pertama dibuat Ryan Flynn pada menit ke-65 memanfaatkan umpan silang Jose Baxter. Lalu gol kedua diciptakan John Brayford di menit ke-67 setelah mendapat umpan matang dari Jamie Murphy.

Di semifinal, Sheffield United akan berhadapan dengan Hull City di Stadion Wembley.

Tentang Penulis

Eko Nurhuda, kontributor tetap BanyumasNews.com. Berdomisili di Pemalang, Jawa Tengah.

Leave A Response