Piala FA: Wigan Athletic Kalahkan Manchester City di Etihad Stadium

Ditulis 10 Mar 2014 - 08:58 oleh Eko Nurhuda
|
Berita Kategori
Tak Berkategori
90
Dalam Tag
Wigan Athletic

Wigan Athletic mengalahkan Manchester City di perempatfinal Piala FA.

MANCHESTER (BanyumasNews.com) – Wigan Athletic mengulangi kejutan musim lalu saat mengalahkan tim raksasa nan kaya raya Manchester City di final Piala FA. Kembali bertemu lawan sama di perempatfinal tahun ini, Ahad (9/3), tim Division Championship tersebut kembali mengalahkan City untuk lolos ke semifinal.

Wigan yang terdegradasi dari Premier League musim lalu kini dimanajeri eks pemain Man. City Uwe Rosler. Bermain di Etihad Stadium toh tak membuat tim juara bertahan Piala FA ini jeri. Kalah penguasaan bola (31% berbanding 69% milik City) juga tak membuat Wigan mati kutu. Terbukti City dibuat tertinggal satu gol di babak pertama dan hanya diperbolehkan membalas satu gol di babak kedua.

City memulai laga dengan kebanggaan sebagai juara Piala Liga yang mereka menangkan akhir pekan lalu. Sebelum pertandingan dimulai skuat tuan rumah mengarak trofi Piala Liga keliling lapangan. Sayang, kebanggaan tersebut tak berlanjut di lapangan.

Sebuah kesalahan dilakukan bek Martin Demichelis pada menit ke-27. Dengan ceroboh ia melanggar Marc-Antoine Fortuné di dalam kotak penalti sendiri. Wasit Anthony Taylor menunjuk titik putih. Jordi Gómez yang dipercaya sebagai algojo tak mau membuang kesempatan. Bola diarahkan ke pojok kanan bawah gawang dan tak mampu ditepis kiper Costel Pantilimon. Gol!

Setelah gol tersebut City seolah tak memberi reaksi. Satu-satunya tembakan yang dilakukan pemain tuan rumah hanyalah usaha Sergio Agüero di menit ke-35. Selebihnya City selalu gagal menembus pertahanan Wigan karena selalu berhasil dipatahkan sebelum memasuki area kotak penalti.

Baru semenit babak kedua berjalan, Wigan sudah menambah gol. Kesalahan pemain City berhasil dimanfaatkan oleh James McArthur untuk mengirim umpan silang pada James Perch. Lagi-lagi Pantilimon harus memungut bola dari dalam gawangnya untuk kali kedua.

Tertinggal dua gol membuat Manuel Pellegrini geregetan. Pelatih berkebangsaan Cili ini melakukan tiga pergantian pemain sekaligus di menit ke-53. Edin Dzeko menggantikan Jesús Navas, James Milner menggantikan Álvaro Negredo, dan David Silva menggantikan Yaya Touré yang mendapat satu kartu kuning.

Pergantian tersebut langsung membuahkan hasil. Lini penyerangan City menjadi lebih agresif, terbukti dengan serangkaian serangan yang dimotori oleh Aguero dan Negredo. Puncaknya, Samir Nasri berhasil mencetak gol balasan di menit ke-68 memanfaatkan umpan sundulan Micah Richards yang mendapat bola dari sepak pojok.

Skor 1-2 membuat City semakin bersemangat menyerang. Namun Wigan sudah terlebih dahulu mengetatkan pertahanannya. Akibatnya pemain-pemain tuan rumah lebih sering terkena jebakan off-side dan gagal memasuki kotak penalti. Sedangkan peluang-peluang yang lolos dari jebakan off-side berhasil dimentahkan oleh kiper dan barisan pertahanan Wigan.

Man. City mati kutu. Hingga pertandingan usai mereka tak mampu lagi menambah gol. Wigan pun lolos ke semifinal dan dijadwalkan bertemu Arsenal.

Manchester City 1-2 Wigan Athletic
(Nasri 68′ – Jordi Gómez 27′ p., Perch 47′)

Manchester City: 30 Pantilimon, 2 Richards, 22 Clichy, 42 Yaya Touré (Silva – 53′), 26 Demichelis, 6 Lescott, 15 Jesús Navas (Dzeko – 53′), 14 Javi García, 16 Agüero, 9 Negredo (Milner – 53′), 8 Nasri

Wigan Athletic: 1 Carson, 24 Perch, 3 Crainey, 7 McCann (Barnett – 45′), 21 Ramis, 17 Boyce, 15 McManaman (McClean – 58′), 16 McArthur, 32 Fortuné, 4 McEachran (Espinoza – 66′), 14 Jordi Gómez

Tentang Penulis

Eko Nurhuda, kontributor tetap BanyumasNews.com. Berdomisili di Pemalang, Jawa Tengah.

Leave A Response