Senin, Panwaslu Akan Eksekusi APK Secara Serentak

PURBALINGGA (BanyumasNews.Com) – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Purbalingga mulai hari Senin (10/3) ini  akan melakukan penertiban serentak terhadap Alat Peraga Kampanye (APK) yang melanggar. Panwaslu akan menggandeng Komisi Pemilihan Umum (KPU)  dan petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) yang ada di Kabupaten hingga  di tingkat kecamatan.

Ketua Panwaslu Kabupaten Purbalingga, Heru Tri Cahyono di kantornya, Minggu (9/3) mengakui, meskipun pihaknya sudah berulangkali mengirimkan rekomendasi ke KPU Purbalingga  dan upaya penertiban APK sudah beberapa kali dilakukan oleh Satpol  PP, namun belakangan ini pemasangan APK yang melanggar semakin marak.

Bahkan, lanjut Heru Tri Cahyono,  pemasangan APK tersebut pada tempat yang memang dilarang, seperti dekat tempat ibadah, pendidikan, dipaku di pohon-pohon pinggir jalan, dan melintang jalan sehingga mengganggu pengguna kendaraan.

“Untuk itu, menjelang kampanye terbuka yang akan dimulai 16 Maret – 5 April mendatang, kami melakukan penertiban APK secara serentak,” ujar Heru Tri Cahyono.

Untuk mendukung penertiban APK secara serentak itu, Heru telah menginstruksikan ke seluruh jajaran Panwascam, agar dalam penertiban ini selain melibatkan Satpol PP di tingkat kabupaten maupun kecamatan selaku eksekutornya, juga dikerahkan 717 Pengawas Pemilu Lapangan di setiap desa di Purbalingga.

“Sebab para PPL  inilah yang mengatahui secara persis kondisi pemasangan alat peraga yang melanggar di desa masing-masing, sehingga perlu ditertibkan,”  ujarnya.

Berdasarkan pengamatah Heru, lanjutnya, APK yang hendak ditertibkan  kebanyakan berupa baliho bergambar caleg beserta nomor urutnya. Padahal berdasarkan ketentuan aturan pemasangan APK yang dikeluarkan oleh KPU Purbalingga, pemasangan baliho dilarang, dan hanya diperbolehkan spanduk yang berukuran 1,5 X 7 meter. Itu pun dipasang sebuah di satu zona.

“Baliho-baliho seperti itu yang nanti akan kami tertibkan, agar  tidak terkesan semrawut,” tegas Heru Tri Cahyono. (BNC)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*