Liga Inggris: Bantai Spurs 4-0, Chelsea Kian Kokoh di Puncak Klasemen

Ditulis 09 Mar 2014 - 11:36 oleh Eko Nurhuda
|
Chelsea, Samuel Eto'o

Samuel Eto’o, membuat gol pembuka dalam kemenangan telak Chelsea atas Tottenham Hotspur.

LONDON (BanyumasNews.com) – Chelsea menghadapi ujian saat menjamu Tottenham Hotspur yang sedang dalam performa baik, Ahad (9/3) dini hari WIB. Bermain di kandang sendiri, Stadion Stanford Bridge, tim asuhan Jose Mourinho menang telak 4-0 dan semakin mantap di puncak klasemen.

Meski skor terlihat telak, Chelsea meraih kemenangan dengan susah payah. Bayangkan saja, keempat gol baru tercipta di babak kedua. Bahkan tiga gol terakhir baru tercipta setelah Spurs bermain dengan 10 orang menyusul diusirnya Younes Kaboul pada menit ke-59.

Babak pertama sendiri berjalan ketat dengan kedua tim saling jual-beli serangan. Chelsea menyerang lebih dulu melalui Eden Hazard di menit ke-4, namun tendangannya masih meleset. Spurs membalas lewat tendangan kaki kanan Nabil Bentaleb di menit ke-14, tapi sama-sama meleset.

Lini pertahanan Tottenham bermain apik meredam serangan-serangan Chelsea. Perangkap off-side bekerja dengan baik, membuat empat peluang–dari total tujuh peluang–Chelsea gagal karena telah lebih dulu terjebak off-side. Praktis The Blues hanya bisa melepas tiga tembakan saja ke gawang sepanjang babak kedua.

Neraka Babak Kedua
Sayang, Tottenham Hotspur tak mampu mempertahankan permainan apik di babak kedua. Setelah lebih dulu mengancam lewat sepakan Jan Vertonghen dan Kaboul di menit-menit awal paruh kedua, gawang Spurs kebobolan ketika Chelsea balik menyerang.

Gol pertama The Blues lahir di menit ke-56. Tendangan kaki kanan Samuel Eto’o di tengah kotak penalti tak mampu dihalau kiper Hugo Lloris. Bola pun bersarang di pojok kiri bawah gawang. Tuan rumah memimpin 1-0.

Setelah gol itu Spurs tampak panik. Tiga menit berselang Eto’o yang tengah melakukan akselerasi di dalam kotak penalti Spurs dijatuhkan oleh Kaboul. Wasit segera memberi kartu merah pada Kaboul sekaligus menjatuhi hukuman penalti. Eden Hazard yang jadi eksekutor dengan tenang mengecoh Lloris. 2-0.

Jalan cerita langsung berubah drastis sejak itu. Chelsea semakin agresif menyerang dan terus mengepung lini pertahanan Spurs, sementara tim tamu hanya bisa melawan dengan menghasilkan serangkaian tendangan bebas tanpa bisa mencetak gol balasan.

Tampil dominan, Chelsea kembali mencetak gol. Demba Ba yang masuk menggantikan Eto’o di menit ke-76 memborong dua gol tambahan tuan rumah. Kedua gol dibuat di menit-menit akhir dan hanya berselang semenit (88′, 89′). Chelsea pun mengakhiri pertandingan dengan kemenangan 4-0.

Hasil ini membuat Chelsea semakin kokoh di puncak klasemen dengan poin 66. Tiga rival di posisi empat besar, yakni Liverpool, Arsenal dan Manchester City tak bermain pekan ini. The Reds libur karena Sunderland yang seharusnya dihadapi pekan ini harus bermain di perempatfinal Piala FA. Demikian pula dengan Arsenal dan City yang masing-masing menjadi kontestan babak perempatfinal Piala FA.

Chelsea 4-0 Tottenham Hotspur
(Eto’o 56′, Hazard 60′, Ba 88′, 89′)

Chelsea: 1 Cech, 2 Ivanovic, 28 Azpilicueta, 21 Matic, 24 Cahill, 26 Terry, 7 Ramires, 8 Lampard (Oscar – 45′), 29 Eto’o (Ba – 76′), 17 Hazard, 14 Schürrle (Willian – 66′)

Tottenham Hotspur: 25 Lloris, 16 Naughton, 5 Vertonghen, 42 Bentaleb, 20 Dawson (Fryers – 72′), 4 Kaboul, 2 Walker, 30 Sandro, 10 Adebayor, 7 Lennon, 22 Sigurdsson (Paulinho – 61′)

Tentang Penulis

Eko Nurhuda, kontributor tetap BanyumasNews.com. Berdomisili di Pemalang, Jawa Tengah.

Leave A Response