Liga Spanyol: Barcelona Keok di Kandang Real Valladolid

Ditulis 09 Mar 2014 - 10:48 oleh Eko Nurhuda
|
Fausto Rossi, Real Valladolid

Fausto Rossi cetak gol tunggal kemenangan Real Valladolid atas Barcelona.

VALLADOLID (BanyumasNews.com) – Barcelona kembali mendapat hasil buruk kala menghadapi tim yang di atas kertas bisa diatasi. Tandang ke markas Real Valladolid, Lionel Messi cs. kalah tipis 0-1. Hasil ini pun membuat posisi El Barca melorot ke posisi tiga klasemen sementara La Liga.

Valladolid memulai pertandingan dengan status penghuni zona degradasi. Namun tim tuan rumah mengambil inisiatif serangan terlebih dahulu dan langsung mengancam gawang Barca sejak menit-menit pertama. Peluang pertama kemudian diperoleh Javi Guerra di menit ke-4 saat menerima umpan dari Manucho. Namun tendangan kaki kirinya belum bisa mengecoh kiper Victor Valdes.

Sepuluh menit berselang tuan rumah membombardir lini pertahanan Barcelona dengan serangkaian serangan. Diawali oleh pelanggaran Francesc Fábregas terhadap Fausto Rossi, Valladolid memperoleh tiga sepak pojok beruntun. Dua kesempatan pertama masih bisa digagalkan Gerard Pique, namun sepak pojok ketiga membawa bencana bagi Barca.

Setelah secara beruntun berhasil memblok tendangan kaki kanan Rossi yang disusul dengan tendangan kaki kiri Guerra, Valdes akhirnya dibuat takluk oleh tendangan kedua Rossi yang memanfaatkan bola liar hasil sepakan Guerra. Bola tak bisa dihalau Valdes dan bersarang di pojok kiri bawah gawang.

Menit ke-17 Barcelona tertinggal satu gol.

Barcelona yang tidak ingin kalah segera merespon dengan mengurung pertahanan Valladolid. Namun meskipun menguasai 75% ball possession, El Barca tak mampu sekali pun membahayakan gawang tim tuan rumah. Berkali-kali usaha Neymar dan Lionel Messi hanya meleset ke samping gawang atau berhasil diselamatkan kiper Diego Marino.

Messi cs. mencatat 13 tembakan dengan 6 di antaranya tepat mengarah ke gawang, tapi tak satu pun berbuah gol. Gerardo Martino sampai harus memainkan semua pemain menyerangnya sekaligus di babak kedua, namun tetap saja tak membuahkan hasil. Barca pun pulang tanpa poin.

Kekalahan Barca dimanfaatkan betul oleh Atletico Madrid yang bermain setelah laga Valladolid vs Barcelona usai. Atleti menang 2-0 dan menggeser posisi Barca di peringkat dua klasemen sementara. Jika Real Madrid yang bermain malam ini juga menang, Barca bakal semakin jauh tertinggal oleh pemimpin klasemen.

Real Valladolid 1-0 Barcelona
(Fausto Rossi 17′)

Real Valladolid: 13 Mariño, 2 Rukavina, 17 Peña, 4 Valiente (Sastre – 59′), 6 Rueda, 15 Mitrovic, 5 Rossi, 18 Rubio, 23 Contreiras Gonçalves (González Marcos – 66′), 9 Javi Guerra, 21 Bergdich (Rama – 72′)

Barcelona: 1 Valdés, 22 Dani Alves, 21 Adriano, 16 Busquets, 3 Piqué (Sergi – 72′), 14 Mascherano, 6 Xavi, 4 Fábregas (Sánchez – 61′), 10 Messi, 7 Pedro, 11 Neymar (Tello – 74′)

Tentang Penulis

Eko Nurhuda, kontributor tetap BanyumasNews.com. Berdomisili di Pemalang, Jawa Tengah.

Leave A Response