Perempatfinal Piala FA: Kalahkan Everton 4-1, Arsenal Melaju ke Semifinal

Ditulis 08 Mar 2014 - 21:57 oleh Eko Nurhuda
|
Berita Kategori
Tak Berkategori
96
Dalam Tag

Arsenal vs Everton Piala FA

(Foto: BBC)

LONDON (BanyumasNews.com) – Arsenal sukses melaju ke babak semifinal Piala FA setelah mengandaskan perlawanan Everton di babak perempatfinal. Bermain di Emirates Stadium, Sabtu (8/3) malam WIB, The Gunners menang telak 4-1. Striker pengganti Olivier Giroud menyumbang dua gol cepat di 10 menit terakhir.

Pertandingan kedua tim langsung berjalan sengit sejak dimulai. Lima menit pertama berjalan dengan kedua tim bergantian membuat peluang dan melakukan pelanggaran. Menit ke-6, peluang emas pertama dalam laga ini tercipta. Everton yang mendapatkan peluang tersebut memlalui Sylvain Distin. Namun sayang header Distin bisa diblok Lukasz Fabianski.

Semenit berselang giliran Arsenal yang mendapat peluang emas dan langsung berbuah gol. Mendapat umpan terobosan dari Santiago Cazorla, tendangan kaki kiri Mesut Özil dari tengah kotak penalti sukses menjebol pojok kanan bawah gawang. Arsenal memimpin 1-0.

Sejak terciptanya gol tersebut Arsenal semakin garang menyerang. Tercatat tim Meriam London membukukan enam peluang matang yang kesemuanya dimentahkan kiper kedua Everton, Joel Robles. Bergantian Yaya Sanogo, Alex Oxlade-Chamberlain, Kieran Gibbs, Santiago Cazorla, Mikel Arteta dan Thomas Vermaelen lancarkan ancaman, namun semuanya masih belum bisa menambah gol.

Terus-terusan diserang Everton justru bisa membuat gol balasan di menit ke-32. Proses gol berawal dari tendangan Kevin Mirallas yang meleset ke samping kanan gawang. Bola kemudian diambil Romelu Lukaku yang langsung melepas tendangan kaki kiri ke arah tengah gawang. Gol!

Skor berubah menjadi 1-1 dan tak berubah hingga tiba waktu turun minum.

Arsenal menggila di babak kedua. Begitu wasit memulai paruh kedua, pemain The Gunners langsung menghujani gawang Everton dengan serangan demi serangan. Beruntung Robles masih sigap menjaga gawangnya dari setiap gempuran lawan.

Manajer Arsene Wenger lantas memasukkan pemain Prancis Olivier Giroud di menit ke-61 menggantikan Sanogo. Hasilnya belum langsung terlihat. Justru Giroud mendapat kartu kuning di menit ke-67 menyusul sebuah insiden di dalam kotak penalti Everton. Insiden sendiri dipicu oleh pelanggaran Gareth Barry terhadap Oxlade-Chamberlain.

Wasit menunjuk titik putih. Arteta yang dipercaya sebagai algojo sukses mengemban tugasnya dengan baik. Arsenal memimpin 2-1. Kemudian dua gol dari Giroud di 10 menit terakhir membuat The Gunners berada dalam posisi nyaman setelah memimpin 4-1.

Gol pertama Giroud tercipta di menit ke-83, memanfaatkan umpan Bacary Sagna. Hanya berselang dua menit, pemain timnas Prancis ini menambah gol lagi setelah mendapat asis dari Özil. Arsenal unggul 4-1.

Hingga pertandingan berakhir tak ada lagi gol tercipta. Dengan demikian Arsenal lolos ke semifinal. Ini merupakan kehadiran pertama Arsenal di babak semifinal Piala FA sejak 2009 lalu.

Arsenal 4-1 Everton
(Özil 7′, Arteta 68′ Giroud 83′, 85′ – Lukaku 32′)

Arsenal: 21 Fabianski, 3 Sagna, 28 Gibbs (Jenkinson – 88′), 8 Arteta, 4 Mertesacker, 5 Vermaelen, 15 Oxlade-Chamberlain (Rosicky – 78′), 20 Flamini, 22 Sanogo (Giroud – 61′), 11 Özil, 19 Cazorla

Everton: 1 Robles, 23 Coleman, 3 Baines, 18 Barry, 26 Stones, 15 Distin, 11 Mirallas (McGeady – 76′), 16 McCarthy, 17 Lukaku, 20 Barkley (Deulofeu – 84′), 22 Pienaar (Osman – 76′)

Tentang Penulis

Eko Nurhuda, kontributor tetap BanyumasNews.com. Berdomisili di Pemalang, Jawa Tengah.

Leave A Response