Pencarian Pesawat Malaysia Airlines yang Hilang Libatkan Cina, Vietnam dan Filipina

Ditulis 08 Mar 2014 - 20:40 oleh Joko Pujakesuma
|

Foto: ilustrasi

Foto: ilustrasi

BanyumasNews.com – Solidaritas ditunjukkan negara-negara tetangga Malaysia dalam usaha melacak keberadaan pesawat Malaysia Airlines dengan nomor penerbangan MH370 tujuan Beijing yang diperkirakan hilang di perairan Laut Cina Selatan.

Tak lama setelah pesawat berjenis Boeing B777-200 ini dinyatakan hilang kontak pada Sabtu (8/3) pukul 02.40 waktu Malaysia, pemerintah negeri jiran segera mengirim satu regu pencarian yang terdiri dari satu pesawat, dua helikopter, dan sejumlah kapal perang. Lepas pantai timur Laut Cina Selatan menjadi tujuan tim pencari.

Wilayah yang diperkirakan sebagai lokasi jatuhnya pesawat juga merupakan wilayah laut yang melibatkan tiga negara, yakni Cina, Vietnam dan Filipina. Pemerintah ketiga negara pun ikut membantu pencarian dengan mengerahkan tim SAR.

Cina dilaporkan BBC mengirim dua kapal penyelamat, sedangkan Filipina melepas tiga pesawat dan tiga kapal patroli milik Angkatan Laut, disusul Vietnam yang juga mengirimkan sejumlah pesawat dan kapal laut sembari meminta bantuan nelayan yang berada di area tersebut untuk melaporkan setiap tanda-tanda yang dianggap sebagai petunjuk jatuhnya pesawat.

“Dalam kondisi darurat seperti ini kita harus menunjukkan rasa kebersamaan dan untuk sementara mengesampingkan persoalan wilayah perbatasan dan isu-isu lainnya,” ujar Letnan Jenderal Roy Deveraturda, panglima Komando Wilayah Barat Filipina.

Laut Cina Selatan sendiri merupakan wilayah laut yang teritorialnya dikuasai oleh Vietnam, Cina dan Filipina. Melanggar batas wilayah laut merupakan persoalan serius dalam kondisi normal. Namun dalam upaya pencarian pesawat Malaysia Airlines ini ketiga negara sepakat tak mempersoalkan tentang batas wilayah laut untuk sementara waktu.

Tentang Penulis

Leave A Response