Pesawat Malaysia Airlines Diperkirakan Hilang di Perairan Laut Cina Selatan

Ditulis 08 Mar 2014 - 20:23 oleh Joko Pujakesuma
|

lokasi jatuhnya pesawat Malaysia Airlines

Perkiraan lokasi jatuhnya pesawat Malaysia Airlines. (Grafis: BBC)

BanyumasNews.com – Pemerintah Malaysia mengirim regu penyelamat yang terdiri dari sebuah pesawat, dua helikopter dan empat kapal laut untuk melacak keberadaan pesawat Malaysia Airlines yang hilang pada Sabtu (8/3) dini hari waktu setempat.

Keberadaan pesawat dengan nomor penerbangan MH370 tersebut masih misteri hingga 18 jam sejak dinyatakan hilang kontak pada Sabtu (8/3) pukul 02.40 waktu setempat. Keluarga korban yang diduga menumpangi pesawat tersebut sempat marah pada perwakilan maskapai Malaysia Airlines di bandara Beijing karena tak kunjung mendapatkan informasi mengenai kejadian ini.

Pesawat Boeing 777-200 tersebut lepas landas dari Kuala Lumpur pada Sabtu (8/3) dini hari pukul 00.41, dan menghilang dari layar radar dua jam berselang. Pesawat tujuan Cina ini dijadwalkan mendarat di Beijing pada pukul 06.30 di hari yang sama. Namun saat memasuki wilayah udara antara Malaysia dan Vietnam pesawat tak melakukan kontak sama sekali hingga saat berita ini diturunkan.

Tim SAR gabungan yang diberangkatkan Malaysia menuju lepas pantai timur Laut Cina Selatan, tempat di mana pesawat terakhir kali melakukan kontak. Media di Vietnam sendiri sudah memberitakan pesawat jatuh ke laut, namun otoritas setempat belum bisa memberikan keterangan resmi.

Pesawat Malaysia Airlines tujuan Beijing dengan dengan nomor penerbangan MH370 tersebut membawa 227 penumpang, termasuk dua orang balita, serta 12 awak pesawat. Dalam konferensi pers resminya Malaysia Airlines menyatakan para penumpang berasal dari 15 negara yang berbeda, termasuk warga negara Indonesia, dengan jumlah terbanyak berasal dari Cina yakni 153 orang dengan seorang di antaranya anak-anak.

Tentang Penulis

Leave A Response