Batik Kayu Klaten Tembus Pasar Mancanegara

Ditulis 08 Mar 2014 - 14:46 oleh Yit BNC
|
Berita Kategori
Tak Berkategori
140
Dalam Tag
Batik kayu Klaten

Batik kayu Klaten

KLATEN – Keberadaan kerajinan batik tulis kayu di  wilayah Kecamatan Bayat, Klaten terus berkembang. Selain varian produk yang lebih banyak, permintaan pasar terus mengalami peningkatan cukup signifikan.  Pasar yang semula hanya berskala nasional, saat ini telah mampu menembus pasar manca negara.

Suyanto, salah satu perajin asal Desa Jarum, Bayat, mengungkapkan bahwa jumlah pesananterus berkembang. Hal ini dirasakan oleh hampir semua pengrajin batik tulis kayu di wilayah Bayat.

‘’Bermacam-macam pesanan mulai dari topeng hingga kerajinan dakon. Alhamdulillah permintaan pasar cenderung meningkat,’’ ungkap dia saat ditemua galerinya.

Sementara itu, beberapa kota di Indonesia juga menjadi tempat tujuan pengiriman, seperti Bandung, Jakarta, dan Kalimantan. Dakon hasil produksi Suyanto juga berkelana hingga beberapa negara seperti Amerika, Jepang, dan Korea. “Dalam proses membatik kayu, pemilihan warga menggunakan bagan yang tidak mengandung bahan kimia,” paparnya.

Pendapat senada diungkapkan Hardi Kirmanto yang juga pengrajin di Bayat. Menurutnya, kualitas produk yang terus terjaga membuat pengrajin di wilayah Bayat mempunyai pasar yang luas.

Konsistensi dalam usahanya membuat kerajinan batik kayu Hardi menembus pasar eksport. “Kerajianan yang kami buat pernah sampai di bumi Eropa serperti Italia, di Asia seperti Korea Selatan dan Jepan, Australia, hingga Amerika,” terang Hardi.

Para pengrajin di Bayat memproduksi berbagai jenis kerajinan kayu seperti asesoris kayu,topeng, tempat tisu, cermin, gerai, jam dinding, gantungan kunci, nampan, cangkir, piring,sajadah kayu, wayang kayu, patung serta asbak. Harganya pun bervariasi dan seluruhnya dihiasi dengan motif batik. ‘’Kami juga berusaha berinovasi agar pasar semakin berkembang,’’ ungkapnya. (BNC)

Tentang Penulis

Leave A Response