Cuaca Ekstrim,Puluhan Hektar Tanaman Cabai di Banyumas Rusak

Ditulis 08 Mar 2014 - 08:42 oleh Nanang BNC
CABE RUSAK: Petani memeriksa cabe yang rusak akibat serangan hama buah ()foto:nan)

CABE RUSAK: Petani memeriksa cabe yang rusak akibat serangan hama buah (foto:nan)

BANYUMAS (BanyumasNews.Com)- Puluhan hektar tanaman cabe di sejumlah kecamatan di Banyumas, Jawa Tengah, rusak parah akibat serangan hama buah. Kondisi ini diperparah dengan cuaca cuaca ekstrim sehingga mengganggu pertumbuhan tanaman. akibatnya petani mengalami kerugian hingga puluhan juta rupiah.

Salah satunya areal tanaman cabe di wilayah Kecamatan Pekuncen,Banyumas yang rusak parah akibat serangan hama buah atau dacuss. Hama ini belakangan menyerang tanaman cabe ini hingga petani tak gagal panen.

Menurut petani, serengan hama ini terjadi akibat musim yang tidak menentu. Selain menyerang daun, hama ini juga menyerang buah sehingga membusuk. Petani sudah berupaya melakukan pembasmian dengan penyemprotan pestisida, namun tak membuahkan hasil. Binatang yang dikenal petani bernama patek ini sangat ganas karena mengakibatkan daun mengering, sehingga pohon kemudian mati.

ALIH TANAM: Pateni alih tanam tomat dan mentimun,(foto:nan)

ALIH TANAM: Pateni alih tanam tomat dan mentimun,(foto:nan)

“ Gemana lagi kalau suda begini. Setiap petani bisa merugi hingga ratusan juta rupiah. karena setiap satu hektar saja kami menghabiskan biaya produksi hingga 30 juta rupiah lebih, ujar Tohorin (56) petani di Karangblimbing Pekuncen.

Akibat kondisi seperti ini,sejumlah petani kini banyak yang melakukan alih tanam dengan tomat dan mentimun. Tanaman ini dianggap lebih tahan terhadap cuaca yang kini tidak menentu.

Selain Pekuncen,sejumlah areal pertanian cabe yang gagal panen terdapat di Kecamatan Ajibarang, Cilongok dan Baturaden. Daerah ini dikenal sebagai sentra penghasil cabe. Namun pasca sejumlah bencana alam seperti gempa dan meletusnya gunung kelud,disusul cuaca yang tidak menentu, jumlah produksi cabe di banyumas menurun drastis.

 

Tentang Penulis

Leave A Response