Juni Listiyanto, Membangun Karakter Unggul Melalui Karate

Ditulis 06 Mar 2014 - 18:07 oleh Yit BNC
|
Berita Kategori
Tak Berkategori
222
Dalam Tag
Juni Listiyanto, beserta anak didiknya dalam berlatih karate

Juni Listiyanto, beserta anak didiknya dalam berlatih karate

PURBALINGGA (BanyumasNews.Com)  – Olahraga Karate sekarang ini semakin diminati, khususnya dari kalangan pelajar baik SD, SMP dan SMA. Kejuaraan karate pada strata pendidikan tersebut terlaksana dengan sukses yang diikuti seluruh propinsi dalam wilayah Indonesia.

Menurut Juni Listiyanto (31) sangat baik dilakukan sejak masa anak-anak, karena melatih rasa berdisiplin diri, membentuk karakter ksatria yang bersangkutan, menimbulkan rasa saling menghormati dan membangkitkan rasa percaya diri.

“Karate diarahkan untuk pembangunan karakter unggul anak didik mengantarkan mereka ke proses pendewasaan dan kelak menjadi yang memiliki karakter tangguh,” kata Juni.

Juni menyakini karate, mampu membangun karakter anak didik untuk menjadi pribadi unggul dalam menyikapi persaingan dunia kerja yang semakin ketat di masa yang akan datang. Pembekalan moral luhur, sikap pantang menyerah dan fisik yang prima.

“Ini merupakan modal dasar bagi anak didik untuk memasuki kompetisi riil dunia kerja, jika kelak mereka sudah dewasa,”katanya.

Seperti terlihat dalam latihan karate di gedung KORPRI Purbalingga, para pelajar mulai dari SD-SMA giat berlatih. Juni telah menelorkan atlet-atket tangguh yang mampu berbicara di kompetesi luar kabupaten.

Seperti halnya, Bilal Syaefulloh siswa kelas 6 SD N 1 Karangaren menjadi juara 1 di Kejurnas INKAI 2013 di Jakarta, Anita Nurliana siswa kelas 4 SD Negeri Purbalingga Wetan juara 1 di Kejurnas INKAI 2013 di Jakarta dan runner up Kejurnas Mendikbud 2013 di Ternate, Rigi Amelia siswa kelas 8 SMP Negeri 3 Purbalingga runner up Kejurnas Mendikbud 2013 di Ternate, Andra Riza Siswa SD Negeri 2 Purbalingga Lor Juara 1 Kejurnas Karate 2013 di Surakarta, Adelia Nur Anissa Siswa SD Negeri 2 Purbalingga Lor merraih medali emas kejurprop FORKI Jateng 2013, Dwi Nurul Firdaus Siswa SMP Negeri 4 Purbalingga runner up Kejurnas 2013, Singgih Haryo Siswa SMA Negeri 2 Purbalingga meraih medali emas kejurnas INKAI 2014 di Karanganyar Surakarta.

Juni mengharapkan kepada para orang tua yang menginginkan kesuksesan bagi setiap anak-anaknya. kenali bakat anak sedini mungkin agar bakat anak bisa berkembang dengan baik. Bakat tidak akan berkembang bila tak ada penguat, sehingga kemudian hilang.

“Selain bakat, mereka juga mempunyai minat terhadap bidang yang digeluti. Adanya minat juga akan menguatkan bakat tersebut,”katanya.

Hal senada diungkapkan Irawan orang tua dari Nabila Nathania Risty siswa kelas 2 MI Sambas Purbalingga,  sebenarnya tiap anak memang dilahirkan unik, dan setiap anak punya karakter yang berbeda satu dengan yang lainnya.

“Sebagai orang tua saya harus  mengenali bakat anak sedini mungkin sehingga bakat anak akan bisa terasah,”ungkap karyawan PDAM Purbalingga yang setia mengantar anaknya berlatih karate.

Irawan menambahkan, mendukung anak bergairah melakukan kegiatan yang sesuai bakatnya. Pastikan bahwa yang bergairah melakukan kegiatan itu adalah anak Anda, bukan orang tuanya.

Pasalnya, seringkali yang muncul adalah keinginan oang tua agar anaknya berbakat di bidang tertentu.

“kita sebagai orang tua perlu mendukungnya dengan cara mengarahkan sebaik dan setepat mungkin sesuai dengan bakat yang dimiliki anak-anak kita,”katanya. (BNC)

 

 

 

Tentang Penulis

1 Komentar so far. Feel free to join this conversation.

  1. aku dulu ikut karate tapi sayangnya sekarang aku gk ikut guru karateku namanya juni lastio dulu aku baru 3bulan latihan diajak ikut lomba karate di lapangan samiaji pbg terpaksa aku ikut akhirnya aku ikut “semua keraguan ku ku kalahkan demi meraih juara akhirnya keinginanku tercapai juga aku meraih juara 3 mendapatkan perunggu dan piagam tolong tulis pendapat dan kritik anda terima kasih

Leave A Response