Prakualifikasi Piala Asia: Indonesia Kalah Tipis 0-1 di Kandang Arab Saudi

Ditulis 06 Mar 2014 - 03:00 oleh Eko Nurhuda
|

logo Piala Asia 2015DAMMAM (BanyumasNews.com) – Indonesia mengakhiri Prakualifikasi Piala Asia 2015 dengan kekalahan. Menantang Arab Saudi di Stadion Prince Mohamed bin Fahd, Dammam, Kamis (6/3) dini hari WIB, Tim Merah Putih kalah tipis 0-1. Gol tunggal Arab Saudi dicetak di menit-menit akhir.

Meski laga terakhir di Grup A ini tak lagi menentukan bagi kedua tim, Indonesia tetap tampil serius dengan menurunkan skuat terbaik. Pelatih Alfred Riedl sejak awal sudah mengatakan bahwa laga ini merupakan ajang untuk mengangkat harkat dan harga diri nasional. Karenanya pelatih asal Austria ini ingin hasil maksimal.

Pemain naturalisasi Raphael Maitimo berpendapat senada. Meski peluang Indonesia untuk lolos ke putaran final sudah habis, ia tetap akan tampil maksimal dalam pertandingan ini. Andai pun kalah, setidaknya penonton di Indonesia melihat bahwa timnas sudah melakukan yang terbaik dan kalah secara terhormat.

Pada kenyataannya, Kurnie Meiga dkk. benar-benar merepotkan Arab Saudi. Meski tak banyak membuat peluang yang membahayakan gawang tim tuan rumah, namun barisan pertahan timnas sukses membuat lini depan Arab Saudi tumpul. Babak pertama berakhir dengan skor 0-0.

Asa untuk memetik poin kedua di laga terakhir membesar ketika Arab Saudi tak kunjung sukses mencetak gol di babak kedua. Tim tuan rumah terus menekan, tapi tak pernah mampu menjebol gawang Indonesia. Hingga memasuki menit ke-85, gawang Indonesia masih perawan.

Bencana datang di lima menit terakhir. Terus-menerus ditekan membuat pertahanan Indonesia yang digalang Hamka Hamzah dan Victor Igbonefo keteteran. Sebuah gol mudah dari Fahd Al Muwallad di menit ke-87 akhirnya sukses menjebol gawang Kurnia Meiga. Tendangan Fahd yang menyambut umpan silang dari sisi kiri kotak penalti Indonesia sebenarnya tak sempurna. Namun bola yang bergulir lambat justru masuk ke tiang jauh.

Tak ada gol tambahan tercipta. Arab Saudi secara susah payah kembali menambah angka dan semakin kokoh di puncak klasemen Grup A dengan nilai 16. Sedangkan Indonesia tak beranjak dari dasar klasemen dengan hanya mengoleksi sebiji poin hasil seri dengan Cina di Stadion Utama GBK pertengahan tahun lalu.

Selain Arab Saudi, Irak dan Cina juga lolos ke putaran final. Irak lolos sebagai peringkat dua Grup C, sedangkan Cina terpilih sebagai tim peringkat tiga terbaik. Dengan demikian Grup C mengirim tiga wakil sekaligus ke Australia tahun depan.

Arab Saudi 0-1 Indonesia (Fahd Al Muwallad 87′)

Tentang Penulis

Eko Nurhuda, kontributor tetap BanyumasNews.com. Berdomisili di Pemalang, Jawa Tengah.

Leave A Response