Timnas U-23 Kalahkan Malaysia U-21 di Maguwoharjo

Ditulis 06 Mar 2014 - 02:03 oleh Eko Nurhuda
|

Indonesia vs MalaysiaSLEMAN (BanyumasNews.com) – Tim nasional Indonesia U-23 menjalani ujian pertamanya dengan baik. Menghadapi Malaysia U-21 dalam laga uji coba di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta pada Rabu (5/3) malam WIB, tim asuhan Aji Santoso menang 3-0. Bayu Gatra menjadi bintang lapangan dengan sumbangan dua gol.

Bertindak sebagai tuan rumah, timnas Indonesia U-23 langsung mengambil inisiatif serangan sejak menit-menit awal. Fandi Eko Utomo dan Rizky Pellu bahkan sudah memperoleh peluang emas di menit kelima. Sayang, kedua peluang bagus tersebut gagal dimanfaatkan menjadi gol.

Serangan-serangan timnas terus dilancarkan hingga pertandingan memasuki seperempat jam. Menit ke-14 lalu disusul dua menit berselang Bayu Gatra dan Fandi bergantian memberikan ancaman pada gawang Malaysia. Lagi-lagi serangan ini mentah. Bola hasil tendangan Bayu masih meleset, sedangkan usaha Fandi berhasil diamankan kiper.

Penantian fan tuan rumah yang terus bernyanyi sambil menyajikan koreografi menawan akhirnya tertuntaskan di menit ke-22. Mendapat umpan terobosan manis dari Fandi, akselerasi Bayu menembus pertahanan Malaysia. Meski tendangan pertamanya sempat diblok bek lawan, bola masih bisa dikejar Bayu yang lantas menceploskannya ke dalam gawang dari sudut sempit.

Gol! Indonesia 1 Malaysia 0.

Malaysia langsung merespon dengan meningkatkan intensitas serangan. Sisi kanan pertahanan Indonesia menjadi titik lemah yang terus dieksploitasi lawan. Hasilnya, sebuah peluang bagus diperoleh Malaysia pada menit ke-31. Beruntung tendangan keras Shahrul masih membentur mistar gawang.

Sepuluh menit berselang Indonesia menambah gol. Proses gol berawal dari pergerakan Fandi di sisi kiri kotak penalti Malaysia. Tendangannya ke arah gawang membentur salah satu pemain belakang lawan. Bola muntah secara kebetulan jatuh ke kaki Agung Supriyanto yang tanpa ampun langsung menyodorkannya ke dalam gawang. Indonesia memimpin 2-0.

Skor bertahan hingga wasit menghentikan babak pertama. Di babak kedua Indonesia tampak mengendurkan serangan. Justru Malaysia yang kemudian secara leluasa menekan wilayah pertahanan tim asuhan Aji Santoso.

Aji yang melihat anak asuhnya kelelahan memasukkan pemain-pemain yang lebih segar. Agung Supriyanto, Rizky Pellu dan Hendra Adi Bayauw ditarik keluar dan digantikan Fandi Ahmad, Hafid Ibrahim dan Yulianto.

Efeknya langsung terasa. Pada menit ke-70 timnas U-23 mendapatkan peluang emas. Bayu Gatra berhasil mencuri bola dari kiper Malaysia dan memberikan umpan silang pada Fandi Ahmad yang berdiri bebas di gawang kosong. Sayang, sundulannya masih terlalu tinggi.

Indonesia akhirnya menutup pertandingan dengan satu gol tambahan. Bayu Gatra yang mendapat bola panjang dari belakang dilanggar Nizam sedikit di depan kotak penalti. Wasit memberi kartu kuning kedua bagi bek Malaysia tersebut dan menghadiahi penalti bagi tuan rumah. Bayu sendiri yang menjadi algojo dan sukses menjebol gawang Malaysia.
Pertandingan berakhir dengan skor 3-0 bagi Indonesia. Dilihat dari skor, hasil ini sangat memuaskan. Namun jika mengingat lawannya berada di rentang umur berbeda–Malaysia menurunkan tim U-21, Aji Santoso dan rekan-rekannya di kursi kepelatihan tidak bisa senang dulu.

Indonesia U-23 3-0 Malaysia U-21
(Bayu Gatra 22′, 89′, Agung Supriyanto)

Indonesia U-23: Teguh, Dany, Mario, Syaifuddin, Syahrizal, Rasyid, Rizky Pellu, Bayu Gatra, Agung, Fandi Eko, Hendra

Malaysia U-21: Ramadhan, Ashmawi, Syawal, Akmal, Azrul, Afiq Naim, Nurshamil, Shahrul, Ramzi, Irfan.

Tentang Penulis

Eko Nurhuda, kontributor tetap BanyumasNews.com. Berdomisili di Pemalang, Jawa Tengah.

Leave A Response