Material Belum Datang, Pencetakan E-KTP Terhenti

Ditulis 05 Mar 2014 - 16:59 oleh Yit BNC
|
Berita Kategori
Tak Berkategori
64
Dalam Tag

PURBALINGGA (BanyumasNews.Com)  – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dinducapil) Purbalingga menghentikan sementara pelayanan penerbitan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) bagi warganya.  Penyebabnya, hingga saat ini belum ada pengiriman material E-KTP dari pemerintah pusat.

Kepala Dindukcapil Purbalingga, Nur Hamam menuturkan, sesuai janji Kementerian Dalam Negeri, seharusnya material itu sudah diterima pada 28 Desember lalu. Tapi hingga sekarang belum datang juga.

“Untuk alat cetaknya sudah ada, tapi materialnya belum ada. Jadi tidak bisa mencetaknya. Untuk saat ini sementara menggunakan material KTP reguler berupa kertas,” ujar Nur Hamam, Rabu (5/3).

Nur Hamam menambahkan, perekaman data EKTP bisa dilakukan di kantor kecamatan.  Sedangkan pencetakannya dilpusatkan di kantor Dindukcapil.

Berdasarkan data Dindukcapil hingga November 2013 lalu, dari total penduduk 927.017 jiwa, masih ada 49.094 penduduk Purbalingga yang belum memiliki KTP. Padahal, Dindukcapil terus melakukan sosialisasi dan menghimbau masyarakat agar mengurus dokumen kependudukan.

“Mungkin mereka merasa belum butuh jadi enggan mengurusnya. Bahkan tidak sedikit yang sampai dijemput petugas untuk rekam E-KTP  tapi tetap menolak,” ujarnya.

Tidak hanya E-KTP, juga dokumen kependudukan lainnya seperti Kartu Keluarga (KK) dan Akta Kelahiran. Untuk penduduk yang belum memiliki akta sebanyak 317.610 jiwa dan belum memiliki KK sebanyak 13.059 jiwa. (BNC)

Tentang Penulis

Leave A Response