Salah Ucap, Paus Fransiskus Tak Sengaja ‘Memaki’ Saat Pidato

Ditulis 05 Mar 2014 - 08:35 oleh Joko Pujakesuma
|
Berita Kategori
Tak Berkategori
134
Dalam Tag
paus fransiskus

Paus Fransiskus tak segan melayani permintaan foto bareng anak-anak muda yang mengunjungi Vatikan.

VATICAN CITY (BanyumasNews.com) – Paus Fransiskus merupakan paus pertama dari Amerika Selatan. Sebagai ‘orang asing’, wajar jika Paus kerepotan menggunakan bahasa Italia yang merupakan bahasa sehari-hari di Tahta Suci Vatikan. Saat menyampaikan pidato di Alun-alun St. Peter belum lama ini, Paus salah ucap mengeluarkan kata makian.

Insiden lucu ini terjadi saat Paus Fransiskus menyampaikan pidato pemberkatan dalam bahasa Italia. Paus secara tak sengaja mengucapkan kata ‘cazzo’ yang dalam bahasa Italia merupakan kata makian. Artinya kurang-lebih alat kelamin laki-laki. Sedangkan kata yang seharusnya diucapkan Paus adalah ‘caso’, artinya ‘kasus’.

“Jika masing-masing kita menghitung kekayaan tidak hanya untuk diri kita, tapi juga untuk melayani sesama, dalam p**** [berhenti sejenak], dalam kasus ini pemeliharaan Tuhan akan memanifestasikan sendiri dalam wujud solidaritas,” demikian kutipan kalimat Paus Fransiskus saat salah ucap, seperti dikutip Telegraph, Selasa (4/3).

Rupanya, momen tersebut direkam oleh salah seorang dari kerumunan yang hadir di Alun-alun Santo Petrus pada Ahad (2/3) siang itu. Video rekaman momen salah ucap tersebut diungguh di YouTube dan mengundang reaksi publik. Sebagian besar malah merasa geli dan menyatakan memaafkan kealpaan Paus hari itu.

“Sungguh-sungguh kesalahan, tapi itu membuatnya sama seperti kita,” komentar salah seorang pemirsa video tersebut.

“Kasihan, sebagai orang asing saya tahu bagaimana sulitnya membedakan antara bunyi ‘ts’ dan ‘dz’,” kata pengunjung lainnya yang mengaku bukan warga Italia.

Sejak terpilih sebagai pemimpin tertinggi umat Katolik pada Maret tahun lalu, Paus Fransiskus tergolong nyentrik. Paus tidak keberatan diajak berfoto selfie oleh remaja pengunjung Vatikan. Bahkan Paus juga pernah mengundang seorang pengunjung untuk naik ke dalam mobilnya saat sedang berkeliling di lapangan Santo Petrus.

Atas kiprah revolusionernya ini Paus Fransiskus mendapat sejumlah apresiasi positif. Awal tahun ini Paus terpilih sebagai Pria Berpenampilan Terbaik 2013 dari majalah Esquire. Yang terbaru, majalah Rolling Stone memajang foto Paus di halaman depan, hal yang baru sekali ini terjadi sepanjang sejarah Gereja Katolik Roma.

Tentang Penulis

Leave A Response