Terkait Jabatan Ketua DPRD, PDIP Siapkan Pengganti Tasdi

Ditulis 04 Mar 2014 - 17:03 oleh Yit BNC
|
Berita Kategori
Tak Berkategori
66
Dalam Tag

PURBALINGGA (BanyumasNews.Com)  – PDIP bergerak cepat mengantisipasi terpilihnya H Tasdi SH MM menjadi Wabup Purbalingga. Partai berlambang banteng moncong itu putih itu segera menyiapkan nama pengganti Tasdi untuk menduduki jabatan Ketua DPRD. Pasalnya sebelum terpilih sebagai wabup, Tasdi juga menduduki jabatan ketua dewan.

“Kami sudah melakukan antisipasi. Jajaran DPC PDIP sudah melakukan konsultasi dengan DPD PDIP Jateng dan DPP PDIP terkait hal itu. Mereka sudah memberikan arahan dan petunjuk tentang pengisian ketua dewan,” kata Sekretaris DPC PDIP HM Ichwan SH, Selasa (4/3).

Mengenai pengisian jabatan Ketua DPRD Purbalingga menurutnya masih menunggu SK Mendagri  memgenai pengangkatan Tasdi sebagai Wabup turun. Ketika disinggung soal nama pengganti Tasdi, Ikhwan mengatakan partainya memiliki dasar aturan yang jelas. “Sudah ada dasar aturan yang melandasinya. Jadi kami tinggal melaksanakan dan menunjuk nama penggantinya saja,” ujarnya.

Kemungkinan besar pengganti Tasdi adalah Hartoyo yang pernah menjabat sebagai Sekretaris DPC PDIP Purbalingga periode 2005-2010.  Saat ini yang bersangkutan juga menduduki jabatan sebagai Ketua Komisi III DPRD Purbalingga. Mengenai nama Hartoyo, Ikhwan membenarkannya. “Yang bersangkutan juga sudah mengikuti fit and proper test di DPP PDIP,” lanjutnya.

Hartoyo sendiri mengatakan sebagai kader partai dia siap jika mendapatkan amanat tersebut. Namun dia mengatakan proses pengisian Ketua DPRD tentu masih menunggu pelantikan wabup terpilih. Saat ini yang terpenting menurutnya adalah bagaimana mempersiapkan jajaran partai guna menghadapi Pemilu 2014. “Itu yang terpenting, karena jika di Pemilu 2014 PDIP bisa menang di Kabupaten Purbalingga, maka jabatan Ketua DPRD masih akan dipegang oleh PDIP,” tegasnya.

Sementara itu telah melengkapi berkas usulan pengangkatan wabup terpilih kepada Mendagri.  Berkas tersebut akan dikirimkan kepada gubernur, dengan dilampiri Keputusan DPRD  tentang pnetapan hsil pmilihan Wabup, risalah rapat paripurna tentang pemilihan wabup dan daftar hadir. “Surat usulan segera  dikirim,” ujarnya.

Seperti diberitakan Rapat Paripurna DPRD, Senin (3/3) berhasil memilih dan menetapkan H Tasdi SH MM sebagai Wabup Purbalingga periode 2010-2015. Ketua DPRD Purbalingga tersebut mampu meraih 23 suara, unggul tipis dari cawabup Ambar Budi Yuwono yang hanya memperoleh 21 suara.(BNC)

Tentang Penulis

Leave A Response