Apple Perkenalkan CarPlay, Perangkat Canggih untuk Dasbor Mobil

Apple CarPlay
Tampilan CarPlay. (Foto: Apple)
BanyumasNews.com – Inovasi tiada henti tampaknya apa yang selalu dilakukan oleh produsen perlengkapan elektronik asal Amerika Serikat ini. Setelah sukses menjadi trend-setter dengan berbagai produk canggih seperti iPod, iTunes, iPad, dan iPhone, Apple kini berinovasi membuat perangkat bernama CarPlay yang khusus diletakkan di bagian dasbor mobil.

Mengutip dari laman cnet.com, konsep CarPlay adalah mengadopsi iPhone OS namun diletakkan menyatu di dasbor mobil. Untuk pengoperasiannya, perangkat ini dilengkapi layar sentuh serta fitur perintah suara.

Dengan CarPlay pengendara mobil dapat mengecek kalender, jadwal atau agenda harian, juga membuka email. Alat ini telah dilengkapi semacam GPS sebagai pemandu arah. CarPlay juga bisa membaca pesan singkat. Jika ingin membalas, pengendara tinggal mendiktekan pesan balasan yang akan dikirimkan secara otomatis oleh perangkat canggih ini.

CarPlay jadi lebih lengkap dengan kemampuannya sebagai telepon untuk kepentingan komunikasi suara. Tak ketinggalan, seperti lazimnya produk-produk Apple, CarPlay pun bisa dipakai sebagai pemutar musik.

Mercedes-Benz menjadi pabrikan mobil pertama yang mengumumkan bakal memakai teknologi dalam produksinya. Kendaraan pertama Mercy yang telah dilengkapi CarPlay dari Apple akan mulai unjuk diri minggu ini di pameran otomotif Jenewa. (ant)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.