Tebing Belerang, Daya Tarik Baru Baturraden

Ditulis 03 Mar 2014 - 20:14 oleh Yit BNC
tebing belerang Baturraden

tebing belerang Baturraden

BANYUMAS (BanyumasNews.Com) – Bukan tebing biasa. Tebing unik ini sebenarnya bukan destinasi wisata baru. Berada di kawasan wana wisata baturraden, tebing berwarna kuning ’emas’  terlihat begitu memukau. Tebing yang dikenal dengan tebing belerang ini sebenarnya terbentuk dari aliran air panas bercampur belerang yang bersumber dari pancuran pitu.

Untuk mencapai tebing belerang, terlebih dahulu pengunjung harus memasuki kawasan wanawisata Baturraden yang dikelola oleh Palawi Risorsis. Dari pintu gerbang, dengan mengandalkan kendaraan bermotor, pengunjung harus menempuh jarak 4 km ditemani pemandangan tumbuhan besar pinus dan damar di sisi kanan dan kiri.

Setelah tiba di area parkir, pengunjung harus menuruni ratusan anak tangga menuju pancuran pitu. Dari pancuran pitu, dengan mengikuti papan petunjuk,  puluhan anak tangga kembali harus dilalui untuk menuju ke bawah. Kondisi tangga menurun menuju tebing belerang cukup curam, sehingga harus lebih berhati-hati. Apalagi di saat musim hujan, jalan setapak yang terbuat dari batu alam menjadi lebih licin.

Kawasan wisata baturraden di Kabupaten Banyumas memang salah satu destinasi unggulan Jawa Tengah. Berada di bagian selatan kaki Gunung Slamet pada ketinggian sekitar 600 m di atas permukaan laut, Baturraden merupakan kawasan hutan yang kaya akan flora khas daerah tropis.

Sedikitnya ada 6 daya tarik wisata alam yang bisa dijumpai di baturraden, yakni sumber air panas pancuran pitu, pancuran telu, air terjun gumiwang, curug bayan, telaga sunyi, dan tentu saja lebatnya hutan pohon damar dan pinus. Kawasan baturraden juga sangat cocok sebagai area kegiatan outbound. (BNC)

Tentang Penulis

Leave A Response