Final Piala Liga: Manchester City Kalahkan Sunderland 3-1

Ditulis 03 Mar 2014 - 07:14 oleh Eko Nurhuda
|
Berita Kategori
Tak Berkategori
238
Dalam Tag
Manchester City, Capital One Cup

Manchester City merayakan kemenangan di final Piala Liga 2014.

LONDON (BanyumasNews.com) – Manuel Pellegrini membuktikan tekatnya untuk mengalahkan Sunderland di laga final Capital One Cup alias Piala Liga. Bertanding di Stadion Wembley, Ahad (2/3) malam WIB, tim asuhannya Manchester City menang 3-1 dan meraih trofi pertamanya musim ini.

Sunderland memulai pertandingan dengan baik. Pertandingan belum genap dua menit, The Black Cats sudah mendapatkan tendangan bebas melalui Lee Cattermole.

City membalas di menit ke-6. Martín Demichelis yang melepas tendangan kaki kanan di dalam kotak penalti, tapi bola masih bisa diblok sebelum mencapai gawang. Tiga menit berselang gantian Sergio Aguero yang menendang dari luar kotak penalti, namun bola masih bisa diselamatkan kiper.

Menit ke-10 Sunderland unggul lebih dulu ketika umpan terobosan Adam Johnson berhasil diselesaikan dengan baik oleh Fabio Borini. Tendangan kaki kanan pemain pinjaman dari Liverpool ini bersarang tepat di pojok kiri bawah gawang. Sunderland memimpin 1-0.

Setelah itu Sunderland berusaha menambah skor. Namun usaha berikutnya dari Borini (menit ke-14) serta sundulan Wes Brown (15′) belum tepat sasaran. City lantas membalas lewat tendangan Samir Nasri di menit ke-23, tapi juga tak membuahkan hasil.

Babak pertama berakhir dengan skor 0-1 untuk keunggulan Sunderland. Tampaknya kemenangan Wigan Athletic atas lawan yang sama di final tahun lalu memberi inspirasi pada Sunderland untuk mengalahkan City.

Kebangkitan Babak Kedua
Rupanya babak kedua menjadi milik The Citizens. Babak kedua baru berjalan sembilan menit lebih, tim asuhan Pellegrini mencetak gol balasan. Tendanga kaki kanan Yaya Touré yang mendapat umpan dari Pablo Zabaleta bersarang tepat di pojok kanan atas gawang Sunderland.

Semenit berselang City malah berbalik unggul. Kali ini giliran Nasri yang mencetak gol. Bola hasil tendangannya yang mengarah ke pojok kiri bawah gawang tak mampu dihalau Vito Mannone. Papan skor berubah menjadi 2-1.

Manajer Gustavo Poyet merespon kondisi tersebut dengan melakukan dua pergantian pemain sekaligus di menit 60. Craig Gardner masuk mengganti Adam Johnson, dan Steven Fletcher menggantikan Sebastian Larsson. Di pihak lawan, Sergio Agüero ditarik keluar dan diganti Jesús Navas.

Menit ke-77 Poyet kembali memasukkan pemain cadangan. Kali ini ia menarik keluar Lee Cattermole dan memasukkan Emanuele Giaccherini. Sementara Pellegrini memasukkan Javi García menggantikan David Silva.

Ternyata pergantian yang dilakukan City yang berjalan efektif. Mendapat umpan dari Yaya Toure, pemain pengganti Jesús Navas akhirnya mencetak gol pengunci kemenangan timnya saat pertandingan memasuki menit-menit terakhir.

Tak ada gol tambahan tercipta di masa injury time. Dengan demikian Manchester City sukses membawa pulang trofi Piala Liga,

Man City 3-1 Sunderland
(Yaya Touré 55′ Nasri 56′ Jesús Navas 90′ – Borini 10′)

Manchester City: 30 Pantilimon, 5 Zabaleta, 13 Kolarov, 42 Yaya Touré, 4 Kompany, 26 Demichelis, 8 Nasri, 25 Fernandinho, 16 Agüero (Jesús Navas – 58′), 10 Dzeko (Negredo – 88′), 21 Silva (Javi García – 77′)

Sunderland: 25 Mannone, 2 Bardsley, 28 Alonso, 33 Cattermole (Giaccherini – 77′), 16 O’Shea, 5 Brown, 11 Johnson (Gardner – 60′), 7 Larsson (Fletcher – 60′), 31 Borini, 4 Ki, 14 Colback

Tentang Penulis

Eko Nurhuda, kontributor tetap BanyumasNews.com. Berdomisili di Pemalang, Jawa Tengah.

Leave A Response