Danrem Baru Harus Lewati Tradisi Kenang Pangsar Jenderal Besar Sudirman

Ditulis 02 Mar 2014 - 17:36 oleh Yit BNC
|
Berita Kategori
Tak Berkategori
110
Dalam Tag

PURBALINGGA (BanyumasNews.Com)   – Setiap pergantian komandan Resort Militer (Korem) 071/Wijayakusuma, bagi Danrem baru harus melewati tradisi yang digelar di komplek Monumen Tempat Lahir Jenderal Sudirman Desa Bantarbarang, Kecamatan Rembang, Purbalingga.

“Tradisi ini diselenggarakan sebagai bentuk penhormatan dan membangkitkan jiwa perjuangan Jenderal Soedirman,” ungkap Danrem lama Kolonel Kav Nugroho Tjendakiarto, Sabtu (1/3).

Komandan Resor Militer (Danrem) 071 Wijayakusuma yang baru, Kolonel Inf Edison dan Danrem lama, Kolonel Kav Nugroho Tjendakiarto didampingi para Komandan Kodim (Dandim) menggelar tradisi mengenang tempat kelahiran Jenderal Soedirman di Desa Bantarbarang, Kecamatan Rembang. Acara dimulai di lapangan Desa Bantarbarang. Mereka lalu berjalan kaki sekitar 2 kilometer menuju Museum Tempat Lahir Jenderal Soedirman.

“Tradisi ini digelar setiap ada pergantian danrem. Tujuannya untuk mengenal lebih dekat tentang kepribadian dan perjuangan Jenderal Soedirman. Juga untuk  meningkatkan motivasi tugas dan pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara bagi kita generasi muda,” katanya.

Sebagai seorang prajurit, Lanjut Nugroho, Jenderal Besar Soedirman dalam tutur kata, perbuatan dan hidupnya selalu berorientasi pada kepentingan rakyat, bangsa dan negara. Soedirman mengajarkan kepada TNI dasar-dasar keprajuritan dan taktik perang gerilya yang menjadikannya sebagai pemrakarsa lahirnya TNI.

“Meskipun beliau sudah tiada, jiwa, semangat, nilai-nilai kejuangan serta kesetiaan kepada rakyat, bangsa dan negara harus kita warisi,” katanya.

Sementara itu, Edison mengatakan Jenderal Soedirman adalah tokoh idolanya sebagai seorang TNI. Apa yang diucap dan diperbuat oleh Jenderal Soedirman muncul dari dalam hati. “Beliau berasal dari orang biasa dari kampung, tapi bisa lahir sebagai seorang panglima besar,” katanya. Ia berharap, akan muncul Soedirman-Soedirman baru dari TNI yang mampu membesarkan bangsa dan negara.

Edison sebelumnya bertugas sebagai Komandan Resimen  Siswa Sekolah Calon Perwira (Secapa) TNI AD Bandung. Adapun Nugroho Tjendakiarto akan bertugas sebagai Wakil Komandan Pusat Kesenjataan Infanteri (Pusenkav) Bandung. (BNC)

 

Tentang Penulis

Leave A Response