Liga Inggris: Liverpool Naik ke Posisi 2 Usai Menang di Kandang Southampton

Ditulis 02 Mar 2014 - 08:21 oleh Eko Nurhuda
|
Steven Gerrard, Liverpool FC

Steven Gerard menutup kemenangan Liverpool di kandang Southampton.

SOUTHAMPTON (BanyumasNews.com) – Liverpool memanfaatkan kekalahan Arsenal di kandang Stoke City untuk merangkak naik ke posisi 2 klasemen sementara Liga Inggris. Melawat ke markas Southampton FC, The Reds menang telak tiga gol tanpa balas!

Liverpool punya kenangan tak baik dengan St. Mary’s Stadium dan juga pemiliknya, Southampton. Tim asuhan Mauricio Pochettino ini adalah tim pertama yang mengalahkan Steven Gerrard cs. musim ini. Hebatnya lagi, ketika itu The Saints menang 1-0 di Anfield.

Namun semua itu berakhir dengan manis bagi Liverpool. Meski memulai pertandingan dengan lambat–dalam 15 menit pertama hanya tercipta 2 peluang, The Reds sukses membawa pulang kemenangan penting.

Peluang pertama Liverpool baru tercipta di menit ke-8 melalui Philippe Coutinho. Memanfaatkan bola dari tendangan sepak pojok, pemain asal Brasil tersebut melepas tembakan dengan kaki kanan dari sisi kanan kotak penalti lawan. Sayang bola masih meleset ke sisi kotak penalti.

Peluang kedua Liverpool–yang juga merupakan peluang kedua dalam pertandingan tersebut–baru lahir di menit ke-15. Kali ini giliran Luis Suarez yang mendapat kesempatan emas. Striker yang sudah absen membobol gawang lawan dalam 6 pertandingan terakhir akhirnya memutus puasa golnya hari itu. Tendangannya tak mampu dibendung kiper Arthur Boruc.

Southampton baru memberi respon setelah kebobolan. Bergantian Rickie Lambert (26?), Dejan Lovren (30?), Adam Lallana (31? dan 33?), Jay Rodriguez (34? dan 43?), serta Morgan Schneiderlin (39?) mencoba membobol gawang Liverpool yang dijaga Simon Mignolet, namun semuanya belum membuahkan gol.

Babak pertama berakhir dengan skor 0-1 untuk keunggulan Liverpool.

Di babak kedua Southampton langsung menebar ancaman sejak menit pertama. Baru 12 detik babak kedua dimulai, Gastón Ramírez sudah melakukan tembakan dari luar kotak penalti. Beruntung bola masih bisa diblok.

Semenit berselang Southampton kembali mendapat peluang melalui sundulan Schneiderlin, tapi belum tepat sasaran. Disusul tendangan kaki kanan Rodriguez yang lagi-lagi bisa diblok.

Manajer Brendan Rodgers melakukan pergantian pemain di menit ke-57, pemain yang langsung mengubah jalannya pertandingan. Philippe Coutinho ditarik keluar dan digantikan Raheem Sterling. Hanya satu menit menginjak rumput, Sterling langsung menggandakan keunggulan timnya memanfaatkan umpan Suarez.

Usai gol Sterling pertandingan sepenuhnya dikuasai Liverpool. Tak ada lagi ancaman yang diberikan tim tuan rumah sejak itu. Sampai memasuki masa injury time, hanya ada dua peluang yang berhasil diciptakan Soton, yakni tendangan meleset Rodriguez (78′) dan tembakan Schneiderlin yang bisa diblok (93′).

Sebelum wasit mengakhiri pertandingan, Liverpool kembali menambah gol melalui titik penalti setelah Suarez dilanggar Jose Fonte di dalam kotak penalti. Steven Gerrard yang maju sebagai eksekutor dengan dingin menceploskan bola ke dalam gawang.

Tim tamu pulang membawa poin penuh. Tambahan tiga poin membuat Liverpool kini mengoleksi 59 poin, sama dengan Arsenal namun unggul selisih gol. Berhubung Manchester City tidak bermain di liga akhir pekan ini, Gerrard cs. pun menempati posisi kedua klasemen sementara.

Southampton 0-3 Liverpool
(Suarez 16?, Sterling 58?, Gerrard 94? p.)

Southampton:
31 Boruc, 22 Chambers, 23 Shaw, 18 Cork (Wanyama – 77?), 6 Fonte, 5 Lovren, 8 Davis (Ramírez – 45?), 4 Schneiderlin, 7 Lambert (Gallagher – 76?), 9 Rodriguez, 20 Lallana

Liverpool:
22 Mignolet, 38 Flanagan, 2 Johnson, 8 Gerrard, 37 Skrtel, 5 Agger, 14 Henderson, 10 Coutinho (Sterling – 57?), 7 Suarez, 15 Sturridge (Iago Aspas – 85?), 24 Allen

Tentang Penulis

Eko Nurhuda, kontributor tetap BanyumasNews.com. Berdomisili di Pemalang, Jawa Tengah.

Leave A Response