Preview Europa League: Tottenham Hotspur vs Dnipro Dnipropetrovsk

Ditulis 27 Feb 2014 - 13:54 oleh Eko Nurhuda
|
Jermain Defoe

Jermain Defoe (atas), tak bisa lagi membela Tottenham Hotspur di Liga Europa.

LONDON (BanyumasNews.com) – Kalah tipis 0-1 di leg pertama, Tottenham Hotspur bertekad membalas kekalahan tersebut saat ganti menjamu Dnipro Dnipropetrovsk di White Hart Lane, London, Jumat (28/2) dini hari WIB.

Tapi manajer interim Tim Sherwood butuh lebih dari sekedar kerja keras dan taktik jitu untuk membungkam perlawanan Yevhen Konoplyanka cs. Pasalnya, sejumlah pemain pilarnya terhantam cedera sehingga tak bisa membantu memperkuat tim.

Jermain Defoe melewatkan peluang untuk memainkan laga perpisahan di depan pendukung sendiri karena menderita cedera hamstring. Defoe bakal pindah ke Amerika Serikat sehari setelah pertandingan untuk bergabung dengan klub MLS Toronto. Klub asal Kanada tersebut membeli Defoe seharga 6 juta pound akhir bulan lalu.

Sherwood mengatakan kepergian Defoe merupakan sebuah kehilangan besar bagi timnya. Ia pun berharap klub dapat segera mendapatkan pemain dengan level kualitas setara dengan striker internasional Inggris tersebut.

“Jimmy Greaves mungkin merupakan pemain terbaik, namun kita bisa mengatakan Jermain juga merupakan salah satu pencetak gol terbaik sepanjang sejarah klub. Mari berharap kami dapat menemukan pemain lain seperti Jermain Defoe,” ujarnya di BBC Sport.

Selain Defoe, Danny Rose dan Etienne Capoue yang mendapat cedera saat dikalahkan Norwich City 0-1 di liga pekan lalu juga bakal absen. Berita baiknya, gelandang Sandro dan bek kanan Kyle Walker sudah bisa tampil setelah pulih dari cedera.

Di pihak lain, tim tamu yang kini ditangani eks manajer Spurs Juande Ramos tentu akan berusaha mati-matian untuk mempertahankan keunggulan agregat 1-0 demi lolos ke babak selanjutnya. Kekalahan melawan Dnipro merupakan yang pertama di alami Spurs dalam 9 laga terakhir di Europa League.

Dnipro boleh berharap mental para pemain Spurs ambruk usai dikalahkan oleh Norwich City di Carrow Roads, sebuah kekalahan yang tak dibayangkan siapa pun sebelum laga digelar.

Gelandang Michael Dawson mengakui kekalahan dari Si Kenari tersebut merupakan hal buruk bagi timnya.

“Leg pertama di Dnipro sungguh satu ketidak-beruntungan dan kami ingin pergi ke Norwich untuk memperbaikinya. Namun kami tidak melakukannya, jadi kami punya kesempatan lain pada Rabu [waktu setempat] di Lane di hadapan fan kami sendiri dan ini merupakan sebuah pertandingan besar,” ujar Dawson di situs resmi klub.

“Ini adalah kompetisi di mana kami ingin melakukan yang terbaik, jadi seberapa dalam pun kekecewaan kami, kami harus bangkit. Kami tahu fan akan selalu berada di belakang kami dan mereka layak mendapatkan permainan bagus setelah dua kekalahan yang kami terima,” lanjutnya.

Satu hal yang mudah diucapkan, tapi Dawson sendiri paham itu jauh lebih sulit untuk dilakukan. Dawson dkk. sebaiknya memperhatikan terbukanya kesempatan laga ini bakal dipakai oleh Yevhen Konoplyanka sebagai ajang unjuk gigi menarik perhatian fan Liverpool, klub yang nyaris merekrutnya pada Januari lalu.

Tentang Penulis

Eko Nurhuda, kontributor tetap BanyumasNews.com. Berdomisili di Pemalang, Jawa Tengah.

Leave A Response