Hasil Liga Champion: Borussia Dortmund Menang di Kandang Zenit

Ditulis 26 Feb 2014 - 08:09 oleh Eko Nurhuda
|
Zenit St Petersburg vs Borussia Dortmund

Robert Lewandowski, mencetak 2 gol dan membawa Borussia Dortmund menang 4-2 di kandang Zenit St. Petersburg.

ST. PETERSBURG (BanyumasNews.com) – Cuaca dingin di Rusia rupanya tak menghalangi permainan apik Borussia Dortmund. Datang ke Stadion Petrovsky dengan kekuatan penuh, Robert Lewandowski cs. menang meyakinkan dengan skor 4-2.

Dalam pertandingan yang berlangsung Rabu (26/2) dini hari WIB, Dortmund bahkan sudah unggul 2-0 saat pertandingan baru berjalan 5 menit!

Gol pertama tim tamu dicetak oleh Henrikh Mkhitaryan di menit ke-4. Proses gol diawali pergerakan lincah Marco Reus di dalam kotak penalti Zenit. Gelandang internasional Jerman ini dibiarkan bebas membawa bola ke dalam kotak penalti. Ketika pemain lawan coba merebut bola, si kulit bundar justru bergulir sebagai umpan manis pada Mkhitaryan. Gol!

Selang semenit kemudian Reus sendiri yang mencetak gol. Memanfaatkan umpan Kevin Großkreutz, Reus melepas tendangan kaki kiri dari sisi kanan kotak penalti. Bola tak mampu dihalau kiper Yuri Lodygin. Bola pun bersarang di pojok kanan bawah gawang. 2-0 Dortmund memimpin.

Setelah itu Zenit coba membalas. Namun satu-satunya peluang bagus yang mereka dapatkan hanya tercipta di menit ke-27 melalui Hulk. Dan sayangnya tembakan kaki kiri pemain bernama asli Givanildo Vieira de Souza itu masih bisa bisa diselamatkan oleh kiper Roman Weidenfeller.

Babak pertama berakhir dengan skor 0-2 untuk keunggulan tim tamu.

45 Menit 4 Gol
Babak kedua berlangsung sengit. Zenit berhasil memperkecil marjin skor saat babak kedua baru berjalan 6 menit. Sebuah kemelut di depan gawang Dortmund membuat Jose Rondon mendapat bola liar dan melepas tembakan. Bola yang mengantam mistar gawang kemudian memantul ke kaki Oleg Shatov yang tanpa ampun menyambarnya ke dalam dalam gawang.

Marjin skor kembali melebar hanya 4 menit berselang. Kerja sama cantik antara dua pemain Polandia milik Dortmund, Lukasz Piszczek dan Lewandowski, berakhir dengan sebuah gol indah dari Lewandowski. Striker yang dijuluki Lewangolski ini membobol gawang Zenit dengan cara menendang bola melewati sela-sela kaki Lodygin.

Zenit kembali menipiskan ketertinggalan setelah wasit William Collum asal Skotlandia memberikan hadiah penalti di menit ke-69. Penalti dijatuhkan karena wasit menilai Piszczek menjatuhkan Viktor Fayzulin di dalam kotak penalti.

Hulk yang dipercaya sebagai algojo berhasil menceploskan bola ke dalam gawang Weidenfeller. Skor kembali ketat 3-2.

Lagi-lagi Dortmund membalas dengan cepat. Hanya selang 1,5 menit dari gol penalti Hulk, Lewandowski kembali membuat gol. Memanfaatkan umpan Reus, striker yang dikabarkan menderita flu sebelum pertandingan ini membuat gol keduanya dengan sebuah tendangan kaki kanan dari sisi kanan kotak penalti lawan.

Zenit tak mampu lagi menipiskan skor. Dortmund pulang ke Jerman membawa pulang kemenangan 4-2 plus 4 gol tandang. Ini artinya, Zenit harus menang dengan selisih 3 gol bersih (3-0, 4-1, 5-2, 6-3, dst.) jika ingin melaju ke babak perempat final. Bukan pekerjaan mudah bagi pelatih Luciano Spaletti.

Zenit St. Petersburg 2 – 4 Borussia Dortmund
(Shatov 57′, Hulk 69′ pen. – Mkhitaryan 4′, Reus 5′, Lewandowski 61′, 71′)

Zenit St Petersburg: 1 Lodygin, 22 Anyukov (Smolnikov – 83′), 4 Criscito, 20 Faizulin (Kerzhakov – 84′), 13 Neto, 6 Lombaerts, 7 Hulk, 28 Witsel, 29 Rondón, 17 Shatov, 23 Arshavin (Tymoshchuk – 15′)

Borussia Dortmund: 1 Weidenfeller, 26 Piszczek, 29 Schmelzer, 18 Sahin, 2 Friedrich, 25 Papastathopoulos, 11 Reus (Hofmann – 85′), 5 Kehl, 9 Lewandowski, 10 Mkhitaryan (Aubameyang – 70′), 19 Großkreutz (Durm – 91′)

Tentang Penulis

Eko Nurhuda, kontributor tetap BanyumasNews.com. Berdomisili di Pemalang, Jawa Tengah.

Leave A Response