Hasil Liga Champion: Olympiakos Gebuk Manchester United 2-0

Ditulis 26 Feb 2014 - 07:35 oleh Eko Nurhuda
|
Berita Kategori
Tak Berkategori
108
Dalam Tag
Olympiakos vs Manchester United

Wayne Rooney (kanan), tak percaya timnya dikalahkan Olympiakos dua gol tanpa balas.

ATHENA (BanyumasNews.com) – Partai leg pertama babak 16 besar Liga Champion tampaknya tak bersahabat dengan klub-klub Inggris. Setelah Manchester City dan Arsenal dikalahkan lawan-lawannya pada pekan lalu, kini giliran Manchester United yang keok di kandang Olympiakos Piraeus di Athena, Rabu (26/2) dini hari WIB.

Man. United berangkat ke Yunani berbekal kenaikan peringkat di klasemen sementara Premier League menyusul kemenangan 2-0 di kandang Crystal Palace akhir pekan lalu. Namun tuan rumah Olympiakos punya bekal lebih keren: menang 4-0 melawan OFI Crete dan memimpin klasemen Liga Super Yunani.

Olympiakos mengumpulkan 20 poin, memenangkan 24 dari 26 laga yang telah dijalani sepanjang musim, serta belum terkalahkan dalam setahun terakhir!

Perbedaan inilah yang kemudian terlihat di lapangan. Selama 90 menit pertandingan, Olympiakos sangat nyaman menguasai 60% penguasaan bola. Tim tuan rumah juga sangat agresif dengan melepas 12 tembakan, 4 di antaranya tepat mengarah ke gawang.

Bandingkan dengan statistik Man. United yang hanya membuat 1 (ya, SATU) shot on target dari 7 percobaan tembakan. MU sebenarnya mendapat 4 peluang dari sepak pojok, tapi tak ada satu pun yang berbuah gol.

Tak Berkutik di Babak Pertama
Manchester United mengawali pertandingan dengan buruk di babak pertama. Jam baru menunjukkan waktu 2 menit, Patrice Evra sudah mendapat kartu kuning karena melakukan hand-ball. Beruntung aksi tersebut tak dilakukan di dalam kotak penalti.

Sepanjang babak pertama, MU hanya membukukan 2 tembakan dan dua-duanya tidak sampai ke gawang. Pertama tendangan Tom Cleverley di menit ke-17 yang masih terlalu tinggi di atas mistar gawang, kemudian tembakan Wayne Rooney di menit ke-43 yang berhasil diblok bek lawan.

Olympiakos sendiri membuat 9 percobaan, salah satunya tembakan Giannis Maniatis di menit ke-21 yang masih berhasil diselamatkan David de Gea.

Tuan rumah memimpin di menit ke-37 melalui gol Alejandro Domínguez. Tendangan kaki kanannya dari tengah kotak penalti, memanfaatkan bola dari Maniatis, bersarang di pojok kiri bawah gawang De Gea. Olympiakos 1 Man. United 0.

Skor 1-0 untuk keunggulan Olympiakos bertahan hingga babak pertama usai. Di babak kedua, permainan MU masih tidak berkembang. Hanya tiga tembakan yang mereka lancarkan di paruh kedua, atau tepatnya di 10 menit terakhir.

Olympiakos terlebih dahulu menggandakan keunggulan di menit ke-54. Tendangan kaki kiri pemain pinjaman dari Arsenal Joel Campbell, memanfaatkan umpan ciamik Michael Olaitan, tak mampu dihalau De Gea. Bola pun bersarang di pojok kiri gawang. 2-0.

Usaha pertama Setan Merah di babak kedua baru lahir di menit ke-81 saat Van Persie melepas tendangan keras yang masih melambung di atas gawang. Van Persie kembali melepas tembakan di menit ke-89, dan kali ini tepat ke gawang. Namun kiper Jiménez Gago masih sigap mengagalkan bola masuk ke gawang.

Skor 2-0 untuk keunggulan tuan rumah bertahan hingga wasit mengakhiri pertandingan. Hasil positif ini merupakan bekal bagus bagi Olympiakos saat ganti melawat ke Old Trafford dua pekan mendatang.

Sedangkan bagi MU, kekalahan ini membuat mereka harus menang dengan selisih 3 gol bersih jika ingin lolos ke perempat final.

Olympiakos 2 – 0 Manchester United (Domínguez 38? Campbell 54?)

Olympiakos: 16 Jiménez Gago, 30 Salino, 20 Holebas, 8 Ndinga, 24 Manolas, 25 Marcano, 26 Campbell (Fuster – 67′), 2 Maniatis, 99 Olaitan, 35 Domínguez (Machado – 76′), 17 Pérez (Valdez – 86′)

Manchester United: 1 de Gea, 12 Smalling, 3 Evra, 16 Carrick, 5 Ferdinand, 15 Vidic, 25 Antonio Valencia (Welbeck – 60′), 23 Cleverley (Kagawa – 61′), 20 van Persie, 10 Rooney, 18 Young

Tentang Penulis

Eko Nurhuda, kontributor tetap BanyumasNews.com. Berdomisili di Pemalang, Jawa Tengah.

Leave A Response