Partai Tak Setor Laporan Dana Kampanye, Caleg Bisa Didiskualifikasi

Ditulis 25 Feb 2014 - 17:59 oleh Yit BNC
|
Berita Kategori
Tak Berkategori
109
Dalam Tag

PURBALINGGA (BanyumasNews.Com)  – Para calon anggota legislatif (caleg) yang akan maju dalam pemilu April mendatang harus segera melaporkan dana kampanye periode ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) melalui partai politik (parpol)-nya. Pasalnya, jika melewati batas waktu 2 Maret mendatang, para caleg terpilih bisa didiskualifikasi.

“Saya khawatir banyak caleg yang akan diaborsi KPU, kalau tanggal 2 Maret nanti partai belum laporkan dana kampanye. Untuk itu, dia meminta para parpol untuk dapat menyerahan laporan awal dana kampanye tepat pada waktunya,” kata Ketua KPU Purbalingga Sri Wahyuni.

Menurut Sri, berdasarkan ketentuan pasal 138 ayat (1 dan 2) Undang-undang Nomor 8 Tahun 2012 tentang Pemilu menyebutkan, partai politik yang tidak menyetorkan laporan dana kampanye dikenakan sanksi berupa pembatalan sebagai peserta pemilu tahun 2014 di wilayah yang bersangkutan.

“Laporannya terpusat oleh parpol sesuai dengan tingkatannya. Jadi parpol dari Kabupaten/Kota setor KPU kabupaten/kota, begitu juga dengan provinsi dan pusat. Jika dalam satu kabupaten ada parpol yang tidak menyerahkan laporan dana kampanye, maka parpol tersebut dinyatakan batal sebagai peserta pemilu di kabupaten tersebut,” katanya.

Dikatakannya, untuk penyerahan laporan awal dana kampanye, KPU Kabupaten Purbalingga membuka pelayanan bagi parpol yang akan menyerahkan laporan awal dana kamanye hingga 2 Maret pukul 18.00 WIB.

“Ini adalah laporan dana kampanye periode II yang meliputi laporan penerimaan sumbangan dana kampanye, rekening khusus dana awal kampanye awal bagi peserta pemilu 2014,” ujarnya.

Sementara itu, Selasa (25/2), KPU Purbalingga melakukan sosialisasi pemilu di SMK YPT 1, Kalimanah. Komisoner KPU Purbalingga, Mey Nurlela mengatakan, sasaran sosialisasi adalah para siswa yang merupakan pemilih pemula.

“Pada pemilu nanti, pemilih pemula memiliki potensi 20 persen suara. Kita gencarkan sosialisasi pada mereka agar ikut serta menggunakan hak pilihnya,” katanya. (BNC)

 

Tentang Penulis

Leave A Response