Prediksi Liga Champion: Borussia Dortmund vs Zenit St Petersburg

Ditulis 25 Feb 2014 - 18:22 oleh Eko Nurhuda
|
Berita Kategori
Tak Berkategori
106
Dalam Tag
Robert Lewandowski, Borussia Dortmund

Robert Lewandowski siap menggedor gawang Zenit St Petersburg di Liga Champion.

ST PETERSBURG (BanyumasNews.com) – Borussia Dortmund datang ke Rusia untuk menantang Zenit St Petersburg di Stadion Petrovsky, Rabu (26/2) dini hari WIB, dalam partai leg pertama babak 16 besar Liga Champion. Tim tamu tidak membawa bekal bagus. Bukan karena cuaca di St Petersburg yang sangat dingin, namun performa jelek di Bundesliga yang tak mendukung.

Sebelum berangkat ke markas Zenit, Dortmund dikalahkan Hamburg SV dengan skor telak 0-3 di Liga Jerman. Kekalahan ini membuat Dortmund terpaut 20 poin dengan Bayern Muenchen di puncak klasemen sementara. Hasil buruk di liga tentu sedikit banyak bakal mempengaruhi mental pemain saat berlaga di Rusia.

Namun bek Manuel Friedrich membantah anggapan tersebut. Menurutnya, “Mood dan sikap kami untuk pertandingan penting pada Selasa nanti melawan St Petersburg tidak akan dipengaruhi oleh kekalahan (melawan Hamburg) ini.”

“Kekalahan tersebut sudah dilupakan. Kami tak akan membiarkan satu kekalahan membuat mental kami turun. Tak ada gunanya memikirkan soal itu terlalu berlebihan,” tambahnya seperti dikutip BBC.

Friedrich dkk. boleh saja optimis. Jika mengilas balik proses kelolosan kedua tim ke babak 16 besar, Zenit terbilang beruntung bisa lolos hanya bermodal 6 poin! Ini menjadi nilai paling sedikit yang dimiliki oleh tim-tim peserta babak 16 knock-out. Bandingkan dengan Napoli, rival segrup Dortmund, yang gagal lolos meski sudah bersusah payah mengumpulkan 12 poin.

Satu hal yang patut diwaspadai oleh Juergen Klopp, performa Zenit tengah bagus di liga domestik. Klub yang dibela eks pemain Muenchen Anatoly Tymoshchuk ini sedang memimpin tabel klasemen sementara berkat keunggulan head-to-head dari Lokomotiv Moskow.

Namun, Tymoshchuk justru menyebut Dortmund yang harus diwaspadai. Kekalahan calon lawan dari Hamburg dianggap gelandang Ukraina tersebut bukan sebagai pertanda performa buruk Dortmund, melainkan persoalan fokus.

“Hal seperti itu (kekalahan telak) biasa terjadi, ketika sebuah tim memusatkan perhatiannya pada partai Liga Champion, dan mereka sudah banyak pengalaman,” ujar Tymoshchuk.

“Sepertinya Bayern Munich berpeluang besar memenangkan Bundesliga Jerman musim ini, dan menurutku Borussia sudah memusatkan konsentrasinya di Liga Champion. Jadi, aku tak merasa terkejut mereka mengorbankan pertandingan di liga pada akhir pekan lalu agar lebih siap saat menghadapi kami,” tambahnya.

Bisa jadi ucapan Tymoshchuk benar. Faktanya, Klopp menarik keluar striker Robert Lewandowski pada pertandingan melawan Hamburg. Kini, sang pemain menyebut dirinya sudah siap unjuk aksi di Petrovsky.

Tentang Penulis

Eko Nurhuda, kontributor tetap BanyumasNews.com. Berdomisili di Pemalang, Jawa Tengah.

Leave A Response