Piala AFC: Persipura Jayapura Kalahkan Churchill Brothers 2-0

Ditulis 25 Feb 2014 - 17:16 oleh Eko Nurhuda
|
Persipura Jayapura

Persipura Jayapura, sukses mengalahkan Churchill Brothers di partai pertama Piala AFC 2014.

JAYAPURA (BanyumasNews.com) – Persipura Jayapura mengawali kiprahnya di Piala AFC dengan baik. Menjamu klub India Churchill Brothers di Stadion Mandala, Selasa (25/2) sore WIB, Boaz Solossa dkk. menang 2-0.

Kemenangan Persipura ditentukan oleh dua gol yang dicetak Boaz Solossa dan Ferinando Pahabol di babak kedua. Dengan kemenangan ini, Mutiara Hitam mengantongi poin 3 dan memuncaki klasemen sementara Grup E.

Kedua kesebalasan sama-sama tampil dengan seorang pemain debutan di starting line-up. Jacksen F. Tiago di kubu Persipura memasang pemain asal Liberia Boakay Eddie Foday untuk mengisi pos yang biasa dijalankan oleh Lukas Mandowen. Sementara Churchill Brothers memasang bek Australia Daniel Zeleny yang menggantikan bek reguler Dharmaraj Ravanan (cedera).

Pertandingan berjalan seru di babak pertama. Kedua tim saling serang, namun kedisiplinan lini belakang kedua tim serta ketangguhan kiper membuat babak pertama berakhir dengan skor kaca mata.

Tampil di cuaca lembap serta kelelahan karena laga melawan Persipura ini menjadi partai ketiga mereka sepanjang pekan, Churchill Brothers mendapat masalah di babak kedua. Babak kedua baru dimainkan empat menit, gawang Arindam Bhatacharya sudah dibobol Boaz Solossa. Persipura memimpin 1-0.

Tuan berpeluang menambah keunggulan tak lama kemudian. Namun tendangan keras Boaz yang disusul usaha gelandang asal Korea Selatan Lim Joon-Sik masih bisa dimentahkan Arindam yang hari itu tampil sangat luar biasa. Arindam sendiri sebenarnya kiper kedua Churchill Brothers, namun ketangkasannya menyelamatkan permainan timnya sore itu.

Setelah peluang demi peluang yang dibangun selalu kandas, Persipura akhirnya mampu mencetak gol kedua pada menit ke-63. Roni Beroperay memberikan umpan brilian pada Ferinando Pahabol yang tanpa kesulitan menceploskan bola ke dalam gawang. Gol pertamanya musim ini. Persipura unggul 2-0.

Faktor kelelahan terlihat sangat mengganggu penampilan para pemain Churchill Brothers. Namun anak asuh Mariano Dias tak mau menyerah. Hanya saja stok pemain yang dibawa ke Jayapura sangat terbatas. Saat sang pelatih menarik keluar Abdelhamid Shabana yang tak tampil baik, ia hanya bisa menggantikannya dengan pemain minim pengalaman Asley Fernandes.

Toh, dengan skuat alakadar Churchill Brothers masih bisa mengancam. Di menit-menit akhir Richard Costa membuat repot kiper Yoo Jae-Hoon dengan tendangan keras yang dilepas jauh dari luar kotak penalti. Tak lama kemudian tim tamu kembali mengancam lewat peluang bagus yang diperoleh Lenny. Beruntung gawang Persipura tak bisa dijebol keduanya.

Hingga pertandingan berakhir skor 2-0 tetap bertahan. Hasil ini membuat rekor bagus Churchill Brothers yang tidak terkalahkan dalam 9 laga terakhir, terputus. Juara bertahan I-League ini bakal menghadapi New Radiant (Maladewa) di kandang pada 11 Maret. Sementara Persipura melawan Home United (Singapore).

Persipura Jayapura: Yoo Jae-Hoon; Yustinus Pae, Dominggus Fakdawer, Bio Paulin, Roni Beroperay; Lim Joon-Sik, Gerald Pangkali, Imanuel Wanggai (Isaac Wanggai 88′), Ian Kabes (Yohanes Pahabol 37′); Boakay Eddie Foday (Lukas Mandowen 68′), Boaz Solossa

Churchill Brothers: Arindam Bhatacharya; Satish Singh, Sanjay Balmuchu, Daniel Zeleny, Raju Yumnam; Saran Singh, Lenny Rodrigues, Abedlhamid Shabana (Asley Fernandes 79′), Bineesh Balan (Richard Costa 67′); Anthony Wolfe, Balwant Singh

Tentang Penulis

Eko Nurhuda, kontributor tetap BanyumasNews.com. Berdomisili di Pemalang, Jawa Tengah.

Leave A Response