Ini Dia Nokia X dan Nokia X+, Smartphone Android Pertama dari Nokia

Ditulis 25 Feb 2014 - 01:05 oleh Ratna Dewi
|
Berita Kategori
Tak Berkategori
378
Dalam Tag
Nokia X, Nokia Android

Ini dia Nokia X, ponsel Android pertama dari pabrikan Nokia.

BARCELONA (BanyumasNews.com) – Setelah menjadi satu-satunya vendor top yang tak mengeluarkan smartphone berbasis Android, Nokia akhirnya memperkenalkan Nokia X dan Nokia X+, dua perangkat ponsel Android pertama dari pabrikan asal Finlandia ini, di ajang Mobile World Congress (MWC) 2014 di Barcelona, Spanyol.

Nokia X dan Nokia X+ diperkenalkan langsung oleh mantan CEO Nokia Stephen Elop dalam sebuah konferensi pers pada Senin (24/2) waktu setempat. Dalam keterangannya Elop mengatakan ponsel tersebut merupakan kombinasi dari Android dan Microsoft. Di mana sistem operasinya menggunakan Android, namun pengguna juga masih bisa menikmati berbagai fitur khas Microsoft seperti di ponsel-ponsel cerdas Nokia lainnya.

“Keduanya bisa menjalankan aplikasi Android serta datang dengan berbagai aplikasi populer dari Microsoft,” demikian ujar Elop, seperti dikutip The Verge.

Aplikasi dimaksud di antaranya One Drive dan Skype. “Nokia X membawa pengguna ke jaringan cloud milik Microsoft, bukan Google,” lanjut Elop.

Jika diperhatikan, tampilan Nokia X tampak tidak berbeda dengan Nokia Lumia 520. Kesamaan warna dan desain, juga layar 4 inci, seolah menegaskan bahwa Nokia X tak ubahnya Nokia Lumia 520 dengan sistem operasi Android.

Satu-satunya yang membedakan kedua gadget ini adalah tiga tombol kapasitif khas ponsel Windows yang tidak dimiliki Nokia X. Fitur kamera Nokia X juga agak berbeda dengan Nokia Lumia 520, demikian pula dengan daya memori serta ruang penyimpanan data yang ditanamkan.

Nokia X hanya dibekali ruang penyimpanan data sebesar 4GB dengan memori 512MB. Namun pengguna dapat menambah kapasitas penyimpanan dengan membenamkan kartu microSD. Layar 4 incinya memili resolusi 800 x 480 pixel.

Untuk kebutuhan selfie, Nokia X dan Nokia X+ sudah dilengkapi dengan kamera 5 megapiksel. Tambahan lain, ponsel Android pertama dari Nokia ini memili baterai dengan daya 1.500 mAh, plus bisa dipakai untuk dua kartu alias dual-SIM card.

Harganya? The Verge menyebut Nokia X dan Nokia X+ bakal dipasarkan dengan banderol sebesar 89 pound atau setara dengan 89 pound atau setara dengan Rp 1,7 juta.

Tentang Penulis

Ibu dua anak, pengelola toko online. Kontributor BanyumasNews.com, tinggal di Kec. Taman, Pemalang.

Leave A Response