Kalahkan Persebaya U-21, Timnas U-19 Hentikan Tren Seri

Ditulis 24 Feb 2014 - 23:08 oleh Eko Nurhuda
|

timnas U-19

Evan Dimas, mencetak hattrick dan membawa timnas U-19 mengalahkan Persebaya U-21 di Gelora Bung Tomo.

SURABAYA (BanyumasNews.com) – Timnas U-19 berhasil memanfaatkan ketidak-siapan lawan tanding untuk memutus rentetan hasil seri yang diperoleh pada tiga uji coba sebelumnya. Menghadapi Persebaya U-21 di Gelora Bung Tomo, Senin (24/2) malam WIB, Evan Dimas cs. menang 4-2.

Tim Garuda Jaya yang dipersiapkan menuju Piala Asia Junior 2014 mendatang dalam tiga partai sebelumnya memperoleh hasil seri. Skornya pun identik, 1-1. PSIS Semarang, Persijap Jepara, dan tim Pra-PON Jawa Timur yang tak lain tim Perseba Bangkalan juara Divisi III tahun lalu yang sukses menahan imbang timnas U-19.

Jelang laga menghadapi Persebaya U-21, pelatih mental Guntur Cahyo Utomo sempat mengatakan kondisi psikologis anak-anak asuhnya sangat baik. Evan Dimas dkk. sudah siap memutus hasil tak maksimal di tiga laga sebelumnya dengan memenangkan pertandingan di GBT.

Guntur dan skuat timnas U-19 menepati janjinya. Tampil di hadapan 25.000 penonton yang memenuhi stadion, hattrick Evan Dimas mewarnai kemenangan tim asuhan pelatih Indra Sjafri.

Timnas U-19 sudah unggul saat pertandingan belum genap 10 menit. Tendangan keras Evan Dimas dari luar kotak penalti menyambut sebuah sepak pojok sukses menjebol gawang Persebaya U-21. Namun tim tuan rumah segera membalas di menit ke-19 lewat sundulan Abdul Rahman Lestaluhu.

Skor 1-1 tak bertahan lama. Di menit ke-31, tembakan keras Muchlis Hadi Ning Syaifullah dari tengah kotak penalti membuat Garuda Jaya kembali unggul. Gol diawali pergerakan Ilham Udin di sisi kanan kotak penalti Persebaya u-21. Saat perhatian semua pemain belakang tercurah pada Ilham, bola diumpan ke tengah kotak penalti di mana Muchlis berdiri bebas. BAM! Bola melesat deras ke gawang tanpa bisa dihalau kiper.

Babak pertama berakhir dengan keunggulan 2-1 untuk timnas U-19.

Memasuki babak kedua pertandingan kian sengit. Lagi-lagi Bajul Ijo bisa menyamakan kedudukan. Sundulan Novri di menit 63 memanfaatkan umpan silang dari sayap kanan menjebol gawang timnas yang dijaga oleh Diky.

Skor 2-2 ternyata tak bertahan lama. Dua menit berselang, pergerakan Maldini Pali di dalam kotak penalti dihentikan dengan sebuah pelanggaran oleh bek Persebaya U-21. Wasit menunjuk titik penalti. Evan Dimas yang jadi algojo dengan tenang menunaikan tugasnya. Timnas kembali memimpin 3-2.

Timnas kembali menambah gol jelang pertandingan berakhir. Kerja sama apik Evan Dimas dengan Maldini Pali berbuah sebuah gol cantik dari sang kapten. Garuda Jaya pun mengakhiri laga dengan kemenangan 4-2.

Persebaya U-21 2-4 Indonesia U-19
(Lestaluhu 19′, Novri 63′ – Evan Dimas 9′, 65′, 89′, Muchlis Hadi 32′)

Persebaya U-21: Nurdy, Vava, Ahmad, Andika (Nugroho 76), Faisal, Asrofil (Febri Agus 44), Zainal, Wahyu, Abdul Rahman (Elfrado 46), Irzandi, Novri (Novaldo 92)

Timnas U-19: Diky, Hansamu, Sahrul (Ryuji 37), Fatchurochman, Putu Gede (mahdi Fahri 94), Ichsan (Paolo 90), Zulfiandi, Evan Dimas, Yabes (Septian David 60), Ilham Udin (Maldini 75), Muchlis Hadi (Reza 92)

Tentang Penulis

Eko Nurhuda, kontributor tetap BanyumasNews.com. Berdomisili di Pemalang, Jawa Tengah.

Leave A Response