Pemkab Cilacap Ingin Kelola Pulau Nusakambangan Sebagai Tempat Wisata

Ditulis 24 Feb 2014 - 19:25 oleh Yit BNC
pantai pasir putih Nusakambangan

pantai pasir putih Nusakambangan

CILACAP (BanyumasNews.Com)  – Pemkab Cilacap (Jateng) ingin mengelola Pulau Nusakambangan untuk dijadikan tempat wisata. Pulau Nusakambangan masuk dalam wilayah Kecamatan Cilacap Selatan, tetapi Pemkab Cilacap tak memiliki kewenangan terhadap pulau ini. Pemkab tengah berusaha melakukan pendekatan kepada Kementerian Hukum dan HAM yang memiliki otoritas atas pulau penjara itu.

“Kami yakin, jika Nusakambangan dikembangkan sebagai salah satu destinasi wisata, akan mampu mengundang wisatawan untuk berkunjung. Apalagi, selama ini banyak masyarakat penasaran untuk bisa berkunjung ke pula yang dikenal sebagai pulau penjara ini,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Cilacap, Indar Yuli Nyataningrum, Senin (24/2).

Yuli mengungkapkan, pihaknya sudah menyiapkan rencana besar untuk menggarap potensi Nusakambangan sebagai tempat wisata. “Cukup banyak titik di Nusakambangan yang sangat menjual untuk dijadikan sebagai tempat wisata. Bahkan secara keseluruhan Pulau Nusakambangan itu sendiri sudah menjual,” ungkapnya.

. Yuli menambahkan, dalam beberapa waktu terakhir ini pihaknya sedang melobi Direktorat Jenderal Permasyarakatan (Dirjenpas) agar mengabulkan permintaan tersebut dengan membuka Pulau Nusakambangan sebagai tempat wisata. “Kami sedang menempuh cara ini. Kami sudah kembali melobi Dirjenpas, harapannya bisa dikabulkan” tambahnya. (BNC)

Tentang Penulis

Leave A Response