Hasil Liga Spanyol: Barcelona Kalah di Kandang Real Sociedad

Ditulis 23 Feb 2014 - 09:26 oleh Eko Nurhuda
|
Barcelona kalah

Lionel Messi (kiri) tak percaya timnya dikalahkan Real Sociedad, Ahad (23/2) dini hari WIB.

SAN SEBASTIAN (BanyumasNews.com) – Barcelona gagal mempertahankan posisi puncak klasemen La Liga Spanyol setelah dikalahkan Real Sociedad 1-3 di Estadio Anoeta, Ahad (23/2) dini hari WIB. Dengan kekalahan ini posisi El Barca digeser Real Madrid yang menang di pertandingan sebelumnya.

Lionel Messi cs. datang ke Anoeta dengan catatan tak pernah menang dalam lima lawatan terkini. Kemenangan terakhir yang didapat Blaugrana di kandang Sociedad terjadi pada musim 2006/07. Saat itu Andres Iniesta dan Samuel Eto’o menjadi penyumbang gol untuk kemenangan 2-0.

Beban Barca bertambah berat karena pada pertandingan sebelumnya rival abadi mereka, Real Madrid, sukses mengatasi Elche di Santiago Bernabeu. Alhasil, tak ada hasil lain yang bisa mengamankan posisi tim asuhan Gerardo Martino kecuali raihan poin penuh.

Sayang, permainan Barcelona sangat jauh dari kata indah. Sociedad lebih banyak melakukan serangan langsung ke jantung pertahanan yang dikawal Gerard Pique cs. Berulang kali Antoine Griezmann dan Carlos Vela mengancam gawang Barca. Beruntung kiper Victor Valdes masih bisa menghalau semua ancaman tersebut.

Menit ke-32 gawang Valdes akhirnya jebol. Sialnya yang membobol justru rekannya sendiri, Alexandre Song membuat gol bunuh diri saat berusaha menghalau sepak pojok Sociedad. Bermaksud menyundul bola keluar lapangan, Song malah membuat jala gawang sendiri bergetar. Real Sociedad 1 Barcelona 0.

Barca segera merespon. Messi yang tahu timnya butuh kemenangan melakukan pergerakan menyelinap ke lini pertahanan lawan. Martin Montoya kemudian memberikan bola padanya. Tanpa pikir panjang Messi yang berada sedikit di luar kotak penalti melakukan tendangan keras dengan kaki kiri. Gol!

Skor imbang 1-1 bertahan hingga babak pertama usai.

Entah apa yang terjadi di ruang ganti Barcelona, begitu babak kedua dimulai gawang Valdes kembali kebobolan. Setelah di menit ke-52 sundulan Mikel González memanfaatkan umpang silang Sergio Canales masih melayang tipis di atas mistar, semenit kemudian Griezmann membuat Real Sociedad kembali unggul.

Lima menit berselang giliran David Zurutuza yang menjebol gawang Barca. Mendapat umpan silang dari Griezmann, tendangan kaki kiri Zurutuza sukses mengecoh Valdes. Real Sociedad pun unggul 3-1.

Martino melakukan sejumlah perubahan strategi untuk menggencarkan penyerangan. Striker Alexis Sánchez dimasukkan pada menit ke-72 dengan menarik keluar Martin Montoya. Dengan demikian Barca memainkan tiga pemain berkarakter penyerang sekaligus.

Toh, agresifnya lini penyerangan Barca masih belum bisa mengubah kedudukan. Skor 3-1 bagi keunggulan Real Sociedad bertahan hingga peluit akhir. Dengan hasil ini El Barca harus puas tergeser ke posisi dua dengan selisih tiga poin dari Madrid.

Real Sociedad: 1 Bravo, 31 Zaldúa, 20 José Ángel, 4 Elustondo, (Rubén Pardo – 92′), 3 González, 6 Iñigo Martínez, 17 Zurutuza, 5 Bergara, 11 Vela, 16 Canales (Ansotegi – 84′), 7 Griezmann (Xabi Prieto – 74′)

Barcelona: 1 Valdés, 2 Montoya (Sánchez – 73′), 21 Adriano, 17 Song (Fábregas – 61′), 15 Bartra, 3 Piqué, 16 Busquets, 8 Iniesta, 10 Messi, 7 Pedro, 11 Neymar

Tentang Penulis

Eko Nurhuda, kontributor tetap BanyumasNews.com. Berdomisili di Pemalang, Jawa Tengah.

Leave A Response