Hasil Liga Inggris: Olivier Giroud Jadi Pahlawan Kemenangan Arsenal

Ditulis 22 Feb 2014 - 23:55 oleh Eko Nurhuda
|
Olivier Giroud, Arsenal FC

Olivier Giroud (kiri) menjadi pahlawan kemenangan Arsenal kala mengalahkan Sunderland 4-1.

London (BanyumasNews.com) – Olivier Giroud benar-benar memanfaatkan laga kandang melawan Sunderland, Sabtu (22/2) malam WIB, untuk menunjukkan ketajamannya. Striker internasional Prancis ini mencetak dua gol pembuka dan membawa Arsenal menang 4-1.

Publik Emirates Stadium tak perlu menunggu lama untuk melihat sihir Giroud. Pertandingan baru berjalan lima menit, pemain bernomor punggung 12 ini sudah berhasil menggetarkan jala gawang Sunderland. Memanfaatkan umpan Jack Wilshere, Giroud dengan mudah mengelabui kiper Vito Mannone.

The Gunners nyaris menggandakan keunggulan di menit ke-9, namun sepakan Santi Cazorla dari luar kotak penalti masih bisa diamankan Mannone. Begitu pula tendangan keras Lukas Podolski di menit ke-20 yang lagi-lagi berhasil ditepis keluar lapangan.

Nampaknya hanya Giroud yang bisa menaklukkan Mannone malam itu. Saat pertandingan memasuki menit ke-31, untuk kedua kalinya pemain berusia 27 tahun ini menjebol gawang Mannone. Gol berawal dari blunder bek Sunderland Santiago Vergini yang bermaksud melakukan back pass. Operan Vergini yang terlalu pelan berhasil dipotong Giroud untuk kemudian menceploskan bola ke dalam gawang.

Saat babak pertama menyisakan tiga menit, Arsenal memperbesar keunggulan menjadi 3-0. Kali ini gol hadir dari kaki Tomas Rosicky, namun Giroud tetap berperan besar karena pemain Prancis inilah yang memberikan umpan terobosan pada Rosicky.

Babak pertama berakhir dengan skor 3-0 bagi tuan rumah.

Koscielny Cedera
Sunderland berusaha membalas di babak kedua. Menit ke-49, pemain pinjaman asal Liverpool Fabio Borini melepaskan tendangan kaki kanan ke sudut sempit setelah menerima umpan dari Sebastian Larsson. Sayang, usaha striker asal Italia ini masih bisa digagalkan Wojciech Szczesny.

Empat menit berselang Borini kembali mendapat peluang. Menerima umpan terobosan dari Marcos Alonso, Borini bergerak mendekati gawang. Sayang, ternyata ia terperangkap off-side.

Arsenal justru yang kemudian menambah gol di menit ke-56. Proses terjadinya gol berawal dari sepak pojok yang diambil Cazorla. Bola lambung hasil tendangan Cazorla berhasil disundul masuk ke dalam gawang oleh Laurent Koscielny. Arsenal 4 Sunderland 0.

Usai mencetak gol, Koscielny harus ditarik keluar pada menit ke-67 karena mengalami cedera. Arsene Wenger memanfaatkan momen tersebut untuk memasukkan Mathieu Flamini. Enam menit berselang, Wenger menarik keluar Rosicky dan menggantikannya dengan Serge Gnabry.

Meski sudah tertinggal empat gol, Sunderland tetap berusaha membalas. Emanuele Giaccherini yang masuk di awal babak kedua mendapat peluang bagus pada menit ke-76. Sayang, tembakan dari sisi kiri kotak penalti yang dilakukannya masih bisa diblok Szczesny.

Semenit berselang giliran Sebastian Larsson yang nyaris membobol gawang Arsenal melalui sebuah eksekusi tendangan bebas. Namun bola masih meleset tipis di sisi gawang.

Usaha Sunderland akhirnya membuahkan hasil di menit ke-81. Giaccherini sukses membobol gawang Szczesny melalui sebuah tendangan keras dari luar kotak penalti menyusul situasi set-piece di area pertahanan Arsenal. Papan skor berubah menjadi 4-1.

Skor tersebut bertahan hingga pertandingan berakhir. Dengan demikian Arsenal terus menjaga selisih poin dari Chelsea yang berada di puncak klasemen sementara. Sedangkan Sunderland untuk sementara terperosok ke zona degradasi.

Arsenal: Szczesny, Sagna, Mertesacker, Koscielny (Flamini – 67′), Monreal (Jenkinson – 45′), Arteta, Rosicky (Gnabry – 73′), Wilshere, Cazorla, Podolski, Giroud

Sunderland: Mannone, Bardsley, Ki (Scocco – 73′), Johnson (Larsson – 45′), Colback, O’Shea (c), Altidore (Giaccherini – 45′), Bridcutt, Vergini, Alonso, Borini.

Tentang Penulis

Eko Nurhuda, kontributor tetap BanyumasNews.com. Berdomisili di Pemalang, Jawa Tengah.

Leave A Response