Kwartir Cabang Pramuka Purbalingga Gelar Pesta Siaga

Ditulis 22 Feb 2014 - 19:22 oleh Yit BNC

Upacara pengibaran bendera merah putih (1)PURBALINGGA (BanyumasNews.Com)  – Sebagai wadah pengujian ketrampilan pramuka khusunya siaga, Kwartir Cabang Pramuka Kabupaten Purbalingga menyelenggarakan kegiatan Pesta Siaga Cabang Tahun 2014 di Bumi Perkemahan Munjulluhur Desa Karangbanjar Kecamatan Bojongsari Purbalingga Sabtu pagi (22/2).

Pembukaan pesta siaga dibuka oleh Ka Mabicab Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupate Purbalingga oleh Bunda Erna Sukento Rido Marhaendrianto, diikuti oleh peserta barung tergiat di Kwartir Ranting Kabupaten Purbalingga.

Dalam sambutannya Bunda Erna Sukento mengingatkan kepada para kakak-kakak dan peserta pesta siaga akan  arti penting belajar dan berlatih dengan cara melakukan learning by doing, selain itu dia juga meminta agar kejuaraan  jangan dijadikan tujuan utama.

“Mari jadikan kegiatan ini sebagai sarana pengembangan pendidikan da pelatihan di gugus depan sebagai try out apa yang sudah dilakukan di gugus depan,”pintanya.

Erna berharap kegiatan tersebut mampu menambah pengalaman, ketrampilan para adik-adik pramuka siaga yang dapat disampaikan pada teman-teman yang ada di gugus depan.

Ketua Panitia Pesta Siaga Kawrtir Cabang Kabupaten Purbalingga Tahun 2014 Haryanti melaporkan tujuan dari dilaksanaka kegiatan pesta siaga adalah sebagai wahana latihan variasi berkala setiap satu tahun sekali dari perindukan/barung tergiat di masing-masing Kwartir  Ranting, sehingga dapat mengadakan tukar-menukar pengalaman, pengetahuan dan kecakapan antar sesame anggota pramuka siaga.

Haryanti menambahkan kegiatan pada pesta siaga  pada tahun 2014 akan memberikan materi bimbingan kepada para pramuka siaga yang meliputi  mendidik  pramuka siaga agar memiliki kemampuan untuk memiliki keimanan, ketaqwaan kepada Tuhan, mampu menunjukan sikap kuat mental, emosional, tinggi moral, kepribadian, berwatak, dan berbudi pekerti luhur.

Selain itu juga untuk diberika materi tentang kemampuan berusaha meningkatkan pengetahuan, kecerdasan, ketrampilan, ketangkasan, olahraga serta kemapuan untuk memilki kepedulian terhadap seasama hidup, lingkungan untuk menumbuhkan cinta tanah air dan budaya Indonesia.

Turut hadir dalam pembukaan Para Kepala Dinas dan SKPD,  Anggota Mabic, Mabiran dan Mabigus Se-Kabupaten Purbalingga, para Andalan Cabang dan Andalan Ranting Se-Kabupaten.

Kegiatan Pesta Siaga Kwarcab Purbalingga 2014 dilaksanakan selama satu hari pada tanggal 22 Pebruari 2014 di Buper Munjulluhur Karangbanjar diikuti oleh 72 barung atau 576 anak, Pimpinan Kontingen Andalan Ranting yang diberi mandate dari awrtir Ranting masing-masing 18 orang.

Mengakhiri acara pembukaan Bunda mengajak para peserta siaga bernyanyi bersama dan melepaskan balon keudara, sebagai tanda dimulainya kegiatan tersebut. (BNC)

 

Tentang Penulis

Leave A Response