La Liga: Tandang ke Markas Real Sociedad, Barcelona Waspada Penuh

Ditulis 22 Feb 2014 - 15:08 oleh Eko Nurhuda
|
Berita Kategori
Tak Berkategori
82
Dalam Tag
barcelona, lionel messi

Lionel Messi, dituntut ekstra waspada di kandang Real Sociedad. (Foto: BBC)

BARCELONA (BanyumasNews.com) – Pemuncak klasemen La Liga Spanyol FC Barcelona bersiap melakoni laga tandang melawan Real Sociedad. Pertandingan yang akan berlangsung di Estadio Anoeta, Ahad (23/2) dini hari WIB, ini pantas membuat skuat Blaugrana waspada penuh. Apa pasal?

Sociedad yang kini menghuni peringkat 6 klasemen sementara adalah klub yang alot saat bermain di kandang sendiri. Sepanjang musim ini La Real hanya sekali kalah di Anoeta, yakni saat dikalahkan Atletico Madrid. Sebanyak 11 pertandingan kandang sisanya berakhir dengan 7 kemenangan dan 3 seri.

Barca sendiri terakhir kali memetik tiga poin di Anoeta pada Mei 2007. Saat itu Sociedad tengah mengalami periode terburuk, yang ditandai dengan degradasi ke level Segunda Division. Begitu La Real balik lagi ke Primera Division pada tahun 2010, Lionel Messi cs. belum pernah menang lagi di Anoeta.

Catatan selayaknya membuat risau Gerardo ‘Tata’ Martino. Manajer Barcelona ini tidak boleh salah strategi atau timnya kehilangan angka. Saat ini Barca mengoleksi poin 60, sama dengan rival abadi Real Madrid dan Atletico Madrid. Hasil imbang saja sudah cukup untuk menggeser Barca dari puncak klasemen. Terlebih Madrid menghadapi partai mudah melawan Elche di Santiago Bernabeu, sedangkan Atletico berhadapan dengan Osasuna.

Tekanan pada Barca bisa bertambah karena jadwal mengurutkan pertandingan Madrid vs Elche dimainkan terlebih dulu. Jika Madrid sukses memetik poin penuh, tekanan bakal menguat pada Messi cs. karena hasil selain kemenangan akan membuat mereka tergusur.

Tuntutan besar akan kemenangan disadari oleh Sergio Busquets. Dalam konferensi pers jelang laga, gelandang asli Catalan ini berujar, “Kami akan membayar dengan sangat mahal untuk setiap hasil imbang atau kekalahan di liga. Real punya tim yang hebat dan di sana adalah tempat yang selalu menyulitkan.”

Well, Busquets benar. Real Sociedad bukan lawan mudah bagi Barcelona. Jadi, jangan sampai lengah, Barca.

Tentang Penulis

Eko Nurhuda, kontributor tetap BanyumasNews.com. Berdomisili di Pemalang, Jawa Tengah.

Leave A Response