Siswa Autis Belajar Kedirgantaraan

Ditulis 21 Feb 2014 - 19:07 oleh Yit BNC
SONY DSCPURBALINGGA – Sejumlah 120 siswa membuat prototip pesawat sederhana berbahan kertas. Bahkan mereka mencoba menerbangkannya meski tidak sempurna karena tiupan angin yang terlalu kencang. Disamping membuat prototip pesawat, sejumlah siswa lainnya membuat parasut dan kincir angin.
Kegiatan yang dipusatkan di Pangkalan Udara (Lanud) Wirasaba merupakan kegiatan lapang atau fieldtrip SD Purba Adi Suta. Sekolah Dasar yang menampung anak-anak berkebutuhan khusus, ini mencoba mengenalkan siswanya tentang kedirgantaraan.
Salah satu pendidik SD Purba Adi Suta Lia Irmina mengungkapkan, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menanamkan rasa cinta tanah air, mengenalkan pesawat dan kedirgantaraan. Terlebih Lanud Wirasaba yang berada di kabupaten Purbalingga ini akan dijadikan sebagai bandara komersial.
Lebih kurang selama empat jam, para siswa dengan berbagai latar berkebutuhan khusus ini berada di komplek TNI Angkatan Udara Wirasaba. Materi yang disampaikan oleh Kapentak Lanud Wirasaba Agung Gede meliputi wawasan kebangsaan, dilanjutkan dengan pengenalan lokasi.
Diungkapkan Lia Irmina, tujuan kegiatan sekolah ke Pangkalan Udara (Lanud)  Wirasaba untuk menanamkan semangat cinta tanah air, meningkatkan rasa bangga sebagai warga Purbalingga, mempererat hubungan kekeluargaan antara TNI AU dengan siswa guru dan staf. Terlebih penting adalah mengenal wawasan kedirgantaraaN.
Meski memerlukan pendampingan secara khusus, anak-anak nampak antusias mendengarkan arahan personil TNI AU yang berseragam lengkap. Bahkan ada pula yang menirukan tegapnya personil AU yang memberikan materi.
Pangkalan Udara Wirasaba saat ini lebih banyak dikunjungi pelajar dari berbagai sekolah. Terlebih semenjak pemerintah kabupaten Purbalingga bersama 4 kabupaten sekitar, didukung pemerintah provinsi berupaya keras mewujudkan Lanud Wirasaba sebagai bandara komersil. (BNC)
Tentang Penulis

Leave A Response